Pengelolaan Laboratorium IPA di SMP Negeri 27 Medan

  • Amilia Sanggar Wati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Vina Octavia Kudadiri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rina Devianty Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Laboratorium, Pendidikan, Sarana, Sekolah, Pengelolaan

Abstract

Pengelolaan sarana dan prasarana merupakan aspek pendukung pembelajaran yang sangat penting. Dengan adanya pengelolaan sarana dan prasarana lembaga pendidikan akan terpelihara dan jelas kegunaanya. Dalam pengelolaan pihak sekolah harus dapat bertanggung jawab terhadap sarana dan prasarana terutama kepala sekolah yang langsung menangani sarana dan prasarana tersebut. Dan pihak sekolahpun harus dapat memelihara dan memperhatikan sarana dan prasarana sekolah yang sudah ada. Maka dengan adanya sarana dan prasarana di sekolah siswa dapat belajar dengan maksimal dan seefesien mungkin. Jadi pengelolaan terhadap sarana dan prasarana harus lebih ditekankan lagi dalam lembaga pendidikan seperti sekolah. Dan harus ada yang bertanggung jawab atas pengelolaan sarana dan prasarana tersebut. Dengan pengelolaan sarana dan prasarana yang ada di sekolah kepala sekolah dapat merencanakan dan mendata apa saja sarana dan prasarana yang harus digunakan di sekolah tersebut. Jika semua langkah-langkah pengelolaan telah berjalan dengan baik seperti yang diharapkan maka akan berdampak positif terhadap siswa-siswa dalam proses belajar mengajar dan tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Maka penyelenggara pendidikan baik itu pemerintah, kepala sekolah, guru, personil sekolah yang lainnya maupun masyarakat perlu terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan tuntutan zaman.

Published
2023-07-11
How to Cite
Amilia Sanggar Wati, Vina Octavia Kudadiri, & Rina Devianty. (2023). Pengelolaan Laboratorium IPA di SMP Negeri 27 Medan. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 276-285. https://doi.org/10.55081/jurdip.v3i3.1257

Most read articles by the same author(s)