Pengaruh Perpustakaan Bagi Peningkatan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren Tahfidz Al- Qur’an Dan Hadist Al–Faiz

  • Nur Suaimah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Purnama Sari Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ade Alawiah Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rina Devianty Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Perpustakaan, Mutu Pendidikan, Pembelajaran, Perguruan Tinggi

Abstract

Perpustakaan merupakan elan vital dalam lembaga pendidikan, keberadaannya sangat menentukan kualitas dari lembaga pendidikan termasuk di perguruan tinggi. Ibarat tubuh, perpustakaan sebagai jantung, sehingga hidup matinya perguruan tinggi sangat dipengaruhi kesehatan perpustakaan dalam hal ini kuantitas dan kualitasnya. Masyarakat telah mengenal perpustakaan sebagai bagian integral dari proses pembelajaran dan pendidikan. Kedudukan dan fungsi perpustakaan menempati posisi yang strategis dan berperan sebagai fasilitator pembelajaran sepanjang hayat. Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak dan karya rekam secara professional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian informasi dan rekreasi bagi para pemustaka. Dalam dunia pendidikan, perpustakaan mempunyai peran vital dalam proses pembelajarannya, terutama di perguruan tinggi. Perpustakaan diibaratkan jantung perguruan tinggi yang menjadi tolak ukur, baik buruk, sehat dan tidaknya suatu sistem pendidikan yang ada di dalamnya. Makalah ini akan mengungkap tentang beberapa hal terkait dengan keberadaan perpustakaan di perguruan tinggi, khususnya akan mengungkap peran perpustakaan bagi peningkatan kualitas perguruan tinggi.

Published
2023-07-11
How to Cite
Nur Suaimah, Purnama Sari Siregar, Ade Alawiah Lubis, & Rina Devianty. (2023). Pengaruh Perpustakaan Bagi Peningkatan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren Tahfidz Al- Qur’an Dan Hadist Al–Faiz . Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 157-161. https://doi.org/10.55081/jurdip.v3i3.1249

Most read articles by the same author(s)