Menganalisis Makna Dan Nilai Yang Terkandung Dalam Teks Batu Gantung Sumatera Utara

  • Fitra Audina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Amilia Sanggar Wati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rika Amanda Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tia Hafiza Nadeak Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Vina Octavia Kudadiri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Analisis makna, Nilai, Batu Gantung Sumatera Utara, Karakter, Simbol

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna dan nilai yang terkandung dalam simbol-simbol yang terukir di Batu Gantung Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konteks sosial, budaya, dan religius pada masa lalu yang mendasari pembuatan Batu Gantung serta untuk menjelaskan makna dan nilai simbol-simbol yang terukir di permukaannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam buku cerita rakyat legenda batu gantung terdapat nilai karakter yaitu Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku cerita rakyat batak legenda batu gantung. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi. Saran dalam penelitian ini diharapkan kepada pembaca buku legenda batu gantung untuk dapat memahami dengan baik mengenai nilai-nilai karakter yang terdapat dalam karya sastra buku cerita ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan antropologi simbolik untuk mengungkap makna dan nilai yang terkandung dalam simbol-simbol yang terukir di Batu Gantung Sumatera Utara. Data primer dikumpulkan melalui pengamatan langsung terhadap Batu Gantung dan pengambilan gambar detail dari simbol-simbol yang terukir di permukaannya.

Published
2023-07-11
How to Cite
Fitra Audina, Amilia Sanggar Wati, Rika Amanda Putri, Tia Hafiza Nadeak, & Vina Octavia Kudadiri. (2023). Menganalisis Makna Dan Nilai Yang Terkandung Dalam Teks Batu Gantung Sumatera Utara. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 180-190. https://doi.org/10.55081/jurdip.v3i3.1252

Most read articles by the same author(s)