Analisis Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Hypnoteaching Asal-Usul Cerita Rakyat Danau Toba

  • Farell Zahra Vadinda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fitra Audina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Menulis Naskah Drama, Pendekatan Kontekstual, Cerita Rakyat

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan meningkatkan kemampuan menulis naskah drama dengan pendekatan kontekstual berbasis hypnoteaching asal-usul cerita rakyat danau toba siswa kelas VIII SMP Sultan Iskandar Muda Medan. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Sultan Iskandar Muda Medan tahun pelajaran 2022/2023, sedangkan materi penelitiannya adalah kemampuan menulis naskah drama di media popular danau toba. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Kajian dilakukan dalam dua periode yang masing-masing direncanakan berdasarkan rincian kegiatan setiap pertemuan sebagai berikut : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Uji keakuratan data dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis naskah drama mengalami peningkatan  VIII SMP Sultan Iskandar Muda Medan dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis cerita rakyat asal-usul danau toba. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 siswa. yang tuntas sebesar 44,5% dengan kategori cukup dan terjadi peningkatan pada siklus 2 dengan jumlah siswa yang tuntas 86,1% dengan kategori baik.

Published
2023-07-11
How to Cite
Farell Zahra Vadinda, & Fitra Audina. (2023). Analisis Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Hypnoteaching Asal-Usul Cerita Rakyat Danau Toba. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 227-239. https://doi.org/10.55081/jurdip.v3i3.1253