Hubungan Fasilitas Olahraga Dan Motivasi Terhadap Minat Belajar Siswa Di MTs Negeri 2 Oku Timur

  • Redo Romodhon akultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang
  • Ferri Hidayad Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang
  • Hengki Kumbara Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang
Keywords: Fasilitas Olahraga, Motivasi, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurangnya fasilitas olahraga dan kurangnya motivasi siswa sehingga mempengaruhi minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fasilitas olahraga dan motivasi terhadap minat belajar siswa di MTs Negeri 2 OKU Timur. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah korelasional. Metode pengambilan sampelnya adalah teknik cluster random sampling, metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah pembagian angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistic uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada hubungan yang signifikan antara fasilitas olahraga dengan minat belajar siswa karena nilai sig 0,000 < 0,05 dengan hasil koefisien korelasi 0,793 dengan tingkat hubungan kuat. (2) Ada hubungan yang signifikan motivasi dengan minat belajar siswa karena nilai sig 0,000 < 0,05 dengan hasil koefisien korelasi 0,705 dengan tingkat hubungan kuat.(3) Ada hubungan yang signifikan antara fasilitas olahraga dan motivasi secara bersama-sama terhadap minat belajar siswa dengan hasil uji F menunjukkan fhitung = 28.049 lebih besar dari ftabel dengan taraf siginifikan 5% = 3,28.

Published
2023-06-12
How to Cite
Redo Romodhon, Ferri Hidayad, & Hengki Kumbara. (2023). Hubungan Fasilitas Olahraga Dan Motivasi Terhadap Minat Belajar Siswa Di MTs Negeri 2 Oku Timur. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 135-148. https://doi.org/10.55081/jurdip.v3i3.1124