Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru Pada Siswa Kelas Xi SMA Negeri 14 Palembang
Abstract
Masalah yang ditemukan peneliti saat observasi dimana pembelajaran yang diamati terjadi banyak siswa yang tidak mengalami ketuntasan hasil belajar tolak peluru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada pengaruh penggunaan model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar tolak peluru siswa kelas XI SMA Negeri 14 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis one group pretest-postest desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI sedangkan sampel diambil secara random cluster yaitu siswa kelas XI IPA 2 berjumlah 27 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar psikomotor hasil belajar tolak peluru. Analisis data menggunakan paired sampel t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas XI SMA Negeri 14 Palembang karena nilai Sig 0,419 lebih besar dari 0,05.