https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/issue/feed Jurnal Dunia Pendidikan 2023-08-29T16:43:30+00:00 Benny Aprial. M bennyaprial.m@gmail.com Open Journal Systems <p><a title="E-ISSN JURDIP" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1604652712" target="_blank" rel="noopener"><strong>e-ISSN: 2746-8674 (Media Online)</strong></a></p> <p><strong>Jurnal Dunia Pendidikan</strong> adalah jurnal penelitian peer review akses terbuka yang diterbitkan oleh LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna. Jurnal Dunia Pendidikan menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli tentang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi dari seluruh dunia.</p> https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1120 Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru Pada Siswa Kelas Xi SMA Negeri 14 Palembang 2023-07-13T16:32:48+00:00 Fitria Pandu Mukti fitriapandum@gmail.com Hengki Kumbara hengkikumbara@univpgri-palembang.ac.id Husni Fahritsani husnifahritsani@univpgri-palembang.ac.id <p>Masalah yang ditemukan peneliti saat observasi dimana pembelajaran yang diamati terjadi banyak siswa yang tidak mengalami ketuntasan hasil belajar tolak peluru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada pengaruh penggunaan model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar tolak peluru siswa kelas XI SMA Negeri 14 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis one group pretest-postest desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI sedangkan sampel diambil secara random cluster yaitu siswa kelas XI IPA 2 berjumlah 27 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar psikomotor hasil belajar tolak peluru. Analisis data menggunakan paired sampel t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas XI SMA Negeri 14 Palembang karena nilai Sig 0,419 lebih besar dari 0,05.</p> 2023-06-12T16:04:20+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1124 Hubungan Fasilitas Olahraga Dan Motivasi Terhadap Minat Belajar Siswa Di MTs Negeri 2 Oku Timur 2023-07-13T16:32:17+00:00 Redo Romodhon redoromodhon@gmail.com Ferri Hidayad ferri6591@gmail.com Hengki Kumbara hengkikumbara@univpgri-palembang.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurangnya fasilitas olahraga dan kurangnya motivasi siswa sehingga mempengaruhi minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fasilitas olahraga dan motivasi terhadap minat belajar siswa di MTs Negeri 2 OKU Timur. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah korelasional. Metode pengambilan sampelnya adalah teknik cluster random sampling, metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah pembagian angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistic uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada hubungan yang signifikan antara fasilitas olahraga dengan minat belajar siswa karena nilai sig 0,000 &lt; 0,05 dengan hasil koefisien korelasi 0,793 dengan tingkat hubungan kuat. (2) Ada hubungan yang signifikan motivasi dengan minat belajar siswa karena nilai sig 0,000 &lt; 0,05 dengan hasil koefisien korelasi 0,705 dengan tingkat hubungan kuat.(3) Ada hubungan yang signifikan antara fasilitas olahraga dan motivasi secara bersama-sama terhadap minat belajar siswa dengan hasil uji F menunjukkan fhitung = 28.049 lebih besar dari ftabel dengan taraf siginifikan 5% = 3,28.</p> 2023-06-12T16:06:28+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1213 Pengaruh Skarifikasi Menggunakan Asam Sulfat Dengan Pencahayaan Terhadap Pertumbuhan Dan Perkecambahan Biji Lamtoro (Leucaena Leucocephala) 2023-07-10T02:01:37+00:00 Indriani indri.unimbone@gmail.com Nursani indri.unimbone@gmail.com Reski Amaliah indri.unimbone@gmail.com Dewi Ramadhani indri.unimbone@gmail.com Rika Hari Lestari indri.unimbone@gmail.com Arisandi indri.unimbone@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pencahayaan dan skarifikasi dengan asam sulfat terhadap perkecambahan biji lamtoro. Menggunakan rancangan petak terpisah faktor utama (main plot) yaitu pencahayaan, sebagai anak petak adalah perendaman pada asam sulfat pekat (96% ). Lama perendaman biji lamtoro dalam larutan asam sulfat adalah 5, 10, 15, 20&nbsp; dan 25 menit. Parameter yang di ukur adalah perkecambahan,&nbsp;&nbsp; panjang akar, dan panjang batang. Analisis sidik ragam memperlihatkan bahwa pencahayaan tidak berpengaruh nyata terhadap persentase perkecambahan dan panjang akar,&nbsp;&nbsp; tetapi berpengaruh nyata (&lt;0,05) terhadap panjang batang.&nbsp; Perendaman dalam asam sulfat pekat, tidak berpengaruh nyata terhadap panjang batang dan panjang akar, tetapi berpengaruh nyata terhadap persentase perkecambahan. Dapat disimpulkan bahwan perlakuan yang terbaik adalah perendaman biji dalam asam sulfat selama 20 menit karena testa mampu menghasilkan perkecambahan tertinggi.</p> 2023-07-10T02:01:26+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1249 Pengaruh Perpustakaan Bagi Peningkatan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren Tahfidz Al- Qur’an Dan Hadist Al–Faiz 2023-07-11T07:35:16+00:00 Nur Suaimah nursuaimah387@gmail.com Purnama Sari Siregar nursuaimah387@gmail.com Ade Alawiah Lubis nursuaimah387@gmail.com Rina Devianty nursuaimah387@gmail.com <p>Perpustakaan merupakan elan vital dalam lembaga pendidikan, keberadaannya sangat menentukan kualitas dari lembaga pendidikan termasuk di perguruan tinggi. Ibarat tubuh, perpustakaan sebagai jantung, sehingga hidup matinya perguruan tinggi sangat dipengaruhi kesehatan perpustakaan dalam hal ini kuantitas dan kualitasnya. Masyarakat telah mengenal perpustakaan sebagai bagian integral dari proses pembelajaran dan pendidikan. Kedudukan dan fungsi perpustakaan menempati posisi yang strategis dan berperan sebagai fasilitator pembelajaran sepanjang hayat. Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak dan karya rekam secara professional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian informasi dan rekreasi bagi para pemustaka. Dalam dunia pendidikan, perpustakaan mempunyai peran vital dalam proses pembelajarannya, terutama di perguruan tinggi. Perpustakaan diibaratkan jantung perguruan tinggi yang menjadi tolak ukur, baik buruk, sehat dan tidaknya suatu sistem pendidikan yang ada di dalamnya. Makalah ini akan mengungkap tentang beberapa hal terkait dengan keberadaan perpustakaan di perguruan tinggi, khususnya akan mengungkap peran perpustakaan bagi peningkatan kualitas perguruan tinggi.</p> 2023-07-11T07:35:10+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1250 Analisis Makna Semantik Bahasa Jawa Terhadap Bahasa Indonesia Di Desa Babussalam 2023-07-11T07:40:40+00:00 Purnama Sari Siregar ps545748@gmail.com Nur Suaimah ps545748@gmail.com Ade Alawiyah Lubis ps545748@gmail.com Fitrah Audina ps545748@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Makna Semantik Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia di Desa Babussalam Kecamatan Merbau. Kabupaten Labuhanbatu Utara. Metode Deskriptif Kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa sekitar 80% masyarakat desa Babussalam menggunakan bahasa Jawa dan 20% menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: Faktor internal yang terlihat modern dan tidak ingin ketinggalan jaman. Selain itu, terdapat faktor eksternal yang mendorong masyarakat Babussalam menggunakan bahasa Indonesia, yaitu: Pengaruh media sosial dan media massa.</p> 2023-07-11T07:38:40+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1251 Implementasi Penggunaan Aplikasi Kahoot Terhadap Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia 2023-07-11T07:42:56+00:00 Riris Nurkholidah Rambe amiliasanggarwati03@gmail.com Amilia Sanggar Wati amiliasanggarwati03@gmail.com Rika Amanda Putri amiliasanggarwati03@gmail.com Tia Hafiza Nadeak amiliasanggarwati03@gmail.com Vina Octavia Kudadiri amiliasanggarwati03@gmail.com <p>Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan manusia. Orang menggunakan teknologi untuk mencari informasi secara online. Informasi terkini di internet dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran. Kahoot memungkinkan pembelajaran kolaboratif di kelas melalui koneksi internet. Kahoot dapat menjadi sarana pembelajaran yang memenuhi kebutuhan generasi digital. Kahoot juga dapat meningkatkan minat dan mendukung gaya belajar generasi digital.</p> 2023-07-11T07:42:52+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1252 Menganalisis Makna Dan Nilai Yang Terkandung Dalam Teks Batu Gantung Sumatera Utara 2023-07-15T11:59:02+00:00 Fitra Audina nadeaktiahafiza@gmail.com Amilia Sanggar Wati nadeaktiahafiza@gmail.com Rika Amanda Putri nadeaktiahafiza@gmail.com Tia Hafiza Nadeak nadeaktiahafiza@gmail.com Vina Octavia Kudadiri nadeaktiahafiza@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna dan nilai yang terkandung dalam simbol-simbol yang terukir di Batu Gantung Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konteks sosial, budaya, dan religius pada masa lalu yang mendasari pembuatan Batu Gantung serta untuk menjelaskan makna dan nilai simbol-simbol yang terukir di permukaannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam buku cerita rakyat legenda batu gantung terdapat nilai karakter yaitu Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku cerita rakyat batak legenda batu gantung. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi (<em>content analysis</em>). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi. Saran dalam penelitian ini diharapkan kepada pembaca buku legenda batu gantung untuk dapat memahami dengan baik mengenai nilai-nilai karakter yang terdapat dalam karya sastra buku cerita ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan antropologi simbolik untuk mengungkap makna dan nilai yang terkandung dalam simbol-simbol yang terukir di Batu Gantung Sumatera Utara. Data primer dikumpulkan melalui pengamatan langsung terhadap Batu Gantung dan pengambilan gambar detail dari simbol-simbol yang terukir di permukaannya.</p> 2023-07-11T07:44:44+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1260 Analisis Pengaruh Proses Pembelajaran Terhadap Rendahnya Sarana Dan Prasarana Fasilitas di Sekolah SMP YPMA Medan Untuk Menunjang Aktivitas Pembelajaran Siswa 2023-07-11T07:50:19+00:00 May Rifany mayrifany@gmail.com Razita Dayana mayrifany@gmail.com Qaqa Mahmudinejaz mayrifany@gmail.com Rina Devianty mayrifany@gmail.com <p>Sarana dan prasana merupakan hal yang penting dan utama terkait penciptaan satuan pendidikan, jika sarana dan prasarana tidak lengkap dan tidak memadai maka proses pembelajaran&nbsp; akan berjalan dengan kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana perkembagan saran dan prasana di sebuah sekolah, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif <em>survey</em> langsung dilapangan untuk mendapatkan studi kelayakan yang akan d jadikan sampel peneltian. Hasil penelitian ini akan dijadikan acuan dan pertimbangan untuk dimasa yang akan datang dimana sarana dan prasana yang memadai akan menciptakan prosedur pengajaran yang terbaik,unggul, bersinergi, serta daoat bersaing di nasional dan internasional pendidikan</p> 2023-07-11T07:50:03+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1255 Aplikasi Canva Sebagai Media Ajar Poster Pada Siswa Smp, Mengunakan Metode Systematic Literature Review 2023-07-11T07:55:47+00:00 Riris Nurkholidah Rambe ririsnurkholida@uinsu.ac.id Ade Alawiyah Lubis ririsnurkholida@uinsu.ac.id Nur Suaimah ririsnurkholida@uinsu.ac.id Purnama Sari Siregar ririsnurkholida@uinsu.ac.id <p>Dalam hal ini peneliti ingin melihat apakah penggunaan aplikasi Canva sebagai media ajar digital terkhusus pada pembelajaran poster efektif digunakan. Peneliti menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Dalam pembelajaran, apakah poster yang dibuat melalui Canva dapat menjadi alat visual yang efektif untuk menyampaikan informasi, merangsang minat, dan memperkuat pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Metode SLR merujuk pada metodologi penelitian tertentu dan pengembangan untuk mengumpulkan serta mengevaluasi penelitian yang terkait pada fokus topik tertentu. Pembuatan Proyek Kolaboratif Canva memungkinkan siswa untuk bekerja dalam kelompok atau tim untuk membuat poster secara kolaboratif. Mereka dapat berbagi gagasan, mendiskusikan isi poster, dan saling memberikan masukan untuk meningkatkan kualitas desain. Kolaborasi ini membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan kerjasama, komunikasi, dan pemecahan masalah kelompok.</p> 2023-07-11T07:55:43+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1247 Hubungan Power Otot Tungkai Dan Fleksibilitas Tulang Belakang Terhadap Hasil Lompat Tinggi Gaya Flop 2023-07-11T08:03:03+00:00 Mukrimin Mukri mukrimin@untan.ac.id Andika Triansyah mukrimin@untan.ac.id Mimi Haetami mukrimin@untan.ac.id Fitriana Puspa Hidasari mukrimin@untan.ac.id Novi Yanti mukrimin@untan.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Power Otot Tungkai Dan Fleksibilitas Tulang&nbsp; Belakang Terhadap Hasil Lompat Tinggi Gaya Flop pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Angkatan 2022. Pada penelitian ini metode yang digunkan adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian korelasional dan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan jasmani angkatan 2022 yang berjumlah 48 orang. Dari analisis yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut variabel X1 (power otot tungkai) dengan varibel Y (lompat tinggi gaya flop) diketahui bahwa nilai signifikan 0,000 &lt; 0,05% maka dapat disimpulkan&nbsp; bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel X1 (power otot tungkai) dengan variabel Y (lompat tinggi gaya flop). variabel X2 (fleksibilitas tulang belakang) dengan variabel Y (lompat tinggi gaya flop) diketahui bahwa nilai signifikan 0,003 &lt; 0,05% maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara variabel X2 (fleksibilitas tulang belakang) dengan variabel Y (lompat tinggi gaya flop). Berdasarkan hasil penelitian pada hubungan power otot tungkai dan fleksibilitas tulang belakang dengan hasil lompat tinggi gaya flop dilakukan dengan uji korelasi regresi mutiples dimana diketahui hasil nilai signifikan 0,003 &lt;&nbsp; 0,05% maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel X1,X2 dengan variabel Y.</p> 2023-07-11T08:02:59+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1253 Analisis Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Hypnoteaching Asal-Usul Cerita Rakyat Danau Toba 2023-07-11T08:08:53+00:00 Farell Zahra Vadinda farellzhra11@gmail.com Fitra Audina farellzhra11@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan meningkatkan kemampuan menulis naskah drama dengan pendekatan kontekstual berbasis hypnoteaching asal-usul cerita rakyat danau toba siswa kelas VIII SMP Sultan Iskandar Muda Medan. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Sultan Iskandar Muda Medan tahun pelajaran 2022/2023, sedangkan materi penelitiannya adalah kemampuan menulis naskah drama di media popular danau toba. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Kajian dilakukan dalam dua periode yang masing-masing direncanakan berdasarkan rincian kegiatan setiap pertemuan sebagai berikut : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Uji keakuratan data dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis naskah drama mengalami peningkatan&nbsp; VIII SMP Sultan Iskandar Muda Medan dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis cerita rakyat asal-usul danau toba. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 siswa. yang tuntas sebesar 44,5% dengan kategori cukup dan terjadi peningkatan pada siklus 2 dengan jumlah siswa yang tuntas 86,1% dengan kategori baik.</p> 2023-07-11T08:08:43+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1256 Analisis Tutur Kata Anggota Stand Up Komedi: Kajian Pragmatik 2023-07-11T08:13:36+00:00 Fitra Audina fitraaudina@upi.edu Sahrina fitraaudina@upi.edu Nila Riana Harahap fitraaudina@upi.edu Putri Aulia fitraaudina@upi.edu <p>Penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata dan perilaku yang dapat diamati jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu jenis penelitian yang dimaksud untuk melukiskan, menggambarkan atau memaparkan keadaan objek yang diteliti sebagaimana adanya sesuai dengan situasi dan kondisi ketika penelitian tersebut dilakukan dalam penelitian ini adalah tuturan yang terdapat dalam <em>Stand Up Comedy</em>. Datanya adalah penggalan-penggalan tuturan yang terdengar lucu tetapi mengandung kritik yang tersaji dalam sebuah video.&nbsp; pengumpulan data dalam <em>branding</em> adalah pengumpulan dokumen yang berupa tuturan yang terdapat dalam video yang terdengar lucu tetapi mengandung kritikan untuk mencapai informasi yang diperlukan tuturan-tuturan yang mengandung kritikan disimak dengan cermat kemudian tuturan tersebut dicatat dan disimpan bentuk kartu data.</p> 2023-07-11T08:13:33+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1259 Manajemen Penggerakan Pendidikan Dalam Organisasi di Sekolah SMP YPMA Medan 2023-07-11T08:20:47+00:00 May Rifany mayrifany@gmail.com Amilia Sanggar Wati mayrifany@gmail.com Rika Amanda Putri mayrifany@gmail.com Vina Octavia Kudadiri mayrifany@gmail.com Tia Hafiza mayrifany@gmail.com Qaqa Mahmudinejaz mayrifany@gmail.com Budi mayrifany@gmail.com <p>Pendidikan sebuah ruang untuk mencapai tujuan yang diinginkan, Pendidikan dipondasikan melalui sebuah organisasi yang membantu penciptaan nya di dasari oleh manajemen. Manajemen organisasi pendidikan bergerak untuk menciptakan tujuan-tujuan yang sudah dibangun untuk terus di kembangkan, memberikan layanan fasilitas dan ruang bersinergi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif menggunakan teknik wawancara observasi serta didukung oleh pendataan yang di temukan di lapangan, tujuan dari penelitian ini untuk merumuskan permasalahan terkait implementasi manajemen organisasi Pendidikan yang ada di SMP YPMA MEDAN, penelitian ini dapat di kembangkan sehingga menjadi acuan dan sarana untuk mengembangkan potensi sebuah sekolah.</p> 2023-07-11T08:20:41+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1254 Peningkatan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMP Negeri 35 Medan 2023-07-11T08:24:29+00:00 Putri Aulia rikaamandaputri3003@gmail.com Rika Amanda Putri rikaamandaputri3003@gmail.com Tia Hafiza Nadeak rikaamandaputri3003@gmail.com Rina Devianty rikaamandaputri3003@gmail.com <p>Pengelolaan sarana dan prasarana sangat penting karena dengan adanya pengelolaan sarana dan prasarana lembaga pendidikan akan terpelihara dan jelas kegunaannya. Dalam pengelolaan pihak sekolah harus dapat bertanggung jawab terhadap sarana dan prasarana terutama kepala sekolah yang langsung menangani sarana dan prasarana tersebut. Dan pihak sekolahpun harus dapat memelihara dan memperhatikan sarana dan prasarana sekolah yang sudah ada. Maka dengan adanya sarana dan prasarana di sekolah siswa dapat belajar dengan maksimal dan seefesien mungkin. Jadi pengelolaan terhadap sarana dan prasarana harus lebih ditekankan lagi dalam lembaga pendidikan seperti sekolah. Dan harus ada yang bertanggung jawab atas pengelolaan sarana dan prasarana tersebut. Dengan pengelolaan sarana dan prasarana yang ada di sekolah kepala sekolah dapat merencanakan dan mendata apa saja sarana dan prasarana yang harus digunakan di sekolah tersebut. Jika semua langkah-langkah pengelolaan telah berjalan dengan baik seperti yang diharapkan maka akan berdampak positif terhadap siswa-siswa dalam proses belajar mengajar dan tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Maka penyelenggara pendidikan baik itu pemerintah, kepala sekolah, guru, personil sekolah yang lainnya maupun masyarakat perlu terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan tuntutan zaman.</p> 2023-07-11T08:24:27+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1262 Analisis Pemanfaatan Zoom Meeting Dalam Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Angkatan 2020 UINSU Medan 2023-07-11T08:28:37+00:00 Riris Nurkholidah Rambe amiliasanggarwati03@gmail.com Sahrina, Putri Aulia ririsnurkholida@uinsu.ac.id Nila Riana Harahap ririsnurkholida@uinsu.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan manfaat dari penggunaan aplikasi zoom meeting, dimana pembelajaran daring bagi mahasiswa Tadris bahasa Indonesia Angkatan 2020 sangat sering digunakan dalam pembelajaran. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis fenomena. Contoh atau sampel dalam penelitian ini sebanyak 14 kurang terdiri dari satu laki-laki dan 13 perempuan hasil penelitian ini ialah penggunaan aplikasi Zoom meeting manfaat kepada mahasiswa pada proses pembelajaran dari apalagi saat masa pandemi. Manfaatnya bagi mahasiswa ialah mempermudah mencapai tujuan pembelajaran mempermudah berinteraksi antar sesama mahasiswa serta memberikan banyak macam pembelajaran, menciptakan pembelajaran dari yang aktif serta mempermudah pemahaman materi Meningkatkan semangat belajar dan juga mengurangi rasa bosan, dari manfaat yang sudah diterima oleh mahasiswa tersebut mendapatkan dampak yang begitu positif pada saat pembelajaran daring.</p> 2023-07-11T08:28:34+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1257 Pengelolaan Laboratorium IPA di SMP Negeri 27 Medan 2023-07-11T08:32:27+00:00 Amilia Sanggar Wati amiliasanggarwati03@gmail.com Vina Octavia Kudadiri amiliasanggarwati03@gmail.com Rina Devianty amiliasanggarwati03@gmail.com <p>Pengelolaan sarana dan prasarana merupakan aspek pendukung pembelajaran yang sangat penting. Dengan adanya pengelolaan sarana dan prasarana lembaga pendidikan akan terpelihara dan jelas kegunaanya. Dalam pengelolaan pihak sekolah harus dapat bertanggung jawab terhadap sarana dan prasarana terutama kepala sekolah yang langsung menangani sarana dan prasarana tersebut. Dan pihak sekolahpun harus dapat memelihara dan memperhatikan sarana dan prasarana sekolah yang sudah ada. Maka dengan adanya sarana dan prasarana di sekolah siswa dapat belajar dengan maksimal dan seefesien mungkin. Jadi pengelolaan terhadap sarana dan prasarana harus lebih ditekankan lagi dalam lembaga pendidikan seperti sekolah. Dan harus ada yang bertanggung jawab atas pengelolaan sarana dan prasarana tersebut. Dengan pengelolaan sarana dan prasarana yang ada di sekolah kepala sekolah dapat merencanakan dan mendata apa saja sarana dan prasarana yang harus digunakan di sekolah tersebut. Jika semua langkah-langkah pengelolaan telah berjalan dengan baik seperti yang diharapkan maka akan berdampak positif terhadap siswa-siswa dalam proses belajar mengajar dan tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Maka penyelenggara pendidikan baik itu pemerintah, kepala sekolah, guru, personil sekolah yang lainnya maupun masyarakat perlu terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan tuntutan zaman.</p> 2023-07-11T08:32:23+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1258 Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Berbasis T di Sekolah SMP YPMA Medan 2023-07-11T08:36:22+00:00 Sahrina Nasution ps545748@gmail.com Nila Riana Harahap ps545748@gmail.com Putri Aulia ps545748@gmail.com Purnama Sari Siregar ps545748@gmail.com Nur Suaimah ps545748@gmail.com Razita Dayana ps545748@gmail.com Budi ps545748@gmail.com <p>Kepala sekolah selaku pimpinan tertinggi di dalam satuan pendidikan dan kepala sekolah adalah kunci keberhasilan paling tinggi dari implementasi menajement sekolah. Secara umum kepemimpinan adalah seseorang yang berusaha memimpin untuk mengatur atau mengkoordinasikan bawahannya agar mampu mencapai target yang sudah ditentukan untuk masing-masing orang. kepemimpinan yang berperan sebagai fasilitator juga climator atau pencipta iklim kerja. Selain sebagai fasilitator dan climator atau pencipta iklim sekolah kepala sekolah juga harus didukung oleh kemampuan berkomunikasi sehingga mampu mempengaruhi seluruh warga sekolah untuk terlibat aktif dalam mengimplementasikan management pendidikan sehingga perlu bagi kepala sekolah untuk melakukan pengelolaan terhadap sumber daya yang ada dengan pengalokasian berdasarkan kebutuhan dengan mendorong pengambilan keputusan partisipastif yang melibatkan sleuruh elemen sekolah secara langsung. Selanjutnya Implementasi manajemen pendidikan berbasis tekhnologi informasi dan komunikasi di smp ypma medan Tidak ada komponen pelaksanaan, manajemen pendidikan berbasis tekhnologi informasi di smp ypma medan sehingga berakibat tidak maksimal, Pengambilan keputusan pendidikan di Smp ypma selalu didasari pada informasi atau data pada sistem informasi akademik terpadu. Hambatan yang dihadapi dalam pemanfaatan tekhnologi informasi dalam manajemen pendidikan adalah hambatan kuantitas dan kompetensi pelaksana atau staf serta hambatan finansial.</p> 2023-07-11T08:36:10+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1263 Menganalisis Kesalahan Morfologi Terhadap Berbahasa Di Lingkungan Sekitar 2023-07-11T09:02:03+00:00 Fitra Audina fitraaudina@upi.edu Ade Safitri fitraaudina@upi.edu Auliana Utamy fitraaudina@upi.edu Dea Octavia Nasution fitraaudina@upi.edu Putridary Aprillia Nasution fitraaudina@upi.edu <p>Bahasa ialah salah satu alat komunikasi yang utama dalam kehidupan sehari-hari. Kesalahan morfologi dapat mengganggu pemahaman dan menyebabkan pesan yang disampaikan tidak jelas. Karnanya, penulis melakukan penelitian tentang kesalahan morfologi yang sering terjadi dalam penggunaan bahasa di lingkungan sekitar. Metode yang digunakan adalah observasi dan wawancara terhadap beberapa responden yang berbeda usia dan tingkat pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan morfologi sering terjadi dalam penggunaan bahasa di lingkungan sekitar, antara lain penggunaan kata benda sebagai kata kerja atau sebaliknya, penggunaan kata ganti yang tidak tepat, penggunaan kata yang tidak sesuai dengan tata bahasa, dan penggunaan imbuhan yang salah. Karnanya, penting bagi setiap individu untuk memperhatikan penggunaan bahasa dengan benar agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menyebabkan kesalahpahaman dalam komunikasi. Pendidikan tentang bahasa yang benar harus diberikan secara menyeluruh agar penggunaan bahasa di lingkungan sekitar dapat lebih baik dan efektif. Penulis melakukan observasi terhadap penggunaan bahasa di lingkungan sekitar, seperti percakapan antar teman, keluarga, dan di media sosial. Penulis juga melakukan wawancara terhadap beberapa responden yang berbeda usia dan tingkat pendidikan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mencari kesalahan morfologi yang sering terjadi</p> 2023-07-11T09:01:56+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1261 Implementasi Google Form Terhadap Kegiatan Seminar Literasi Tadris Bahasa Indonesia FITK UIN SU Medan 2023-07-11T09:06:36+00:00 Riris Nurkholidah Rambe amiliasanggarwati03@gmail.com Farell Zahra Vadinda amiliasanggarwati03@gmail.com May Rifany amiliasanggarwati03@gmail.com Qaqa Mahmudinejaz amiliasanggarwati03@gmail.com Razita Dayana amiliasanggarwati03@gmail.com <p>Absensi adalah suatu kegiatan pencatatan jumlah kehadiran pada suatu acara yang menghasilkan data kehadiran yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Pada setiap kegiatan pasti dilakukan absensi kehadiran untuk mengetahui informasi peserta. Demikian juga dengan proses belajar mengajar di kampus dilakukan juga absensi. Kegunaan absensi ini adalah untuk mengetahui jumlah kehadiran mahasiswa untuk menentukan apakah mahasiswa tidak hadir dalam seminar ataupun kegiatan lainnya. Sistem absensi yang dilakukan sampai saat ini di beberapa kegiatan seperti seminar literasi tadris bahasa Indonesia dan menggunakan absensi manual dengan kertas yang menjadi satu dengan dokumen bukti kehiadiran. Setiap seminar akan dimulai panitia menyiapkan dokumen yang ditaruh dalam satu map. Absensi kehadiran wajib dilakukan oleh peserta yang hadir dan tidak boleh diwakilkan. Apabila peserta mahasiswa tadris bahasa indonesa angkata 2020, 2021, 2022 tidak bisa hadir menigkuti seminar dikarenakan sakit, ijin dianggap masuk apabila disertai dengan surat dari dokter. Panitia akan merekap semua absensi secara manual dan melalui google form. Pengambilan data absensi yang dilakukan secara manual memiliki banyak kekurangan, seperti kecurangan peserta dalam mengisi absensi, data yang tidak valid ketika data masuk salah, hilangnya atau rusaknya data yang ada, kurang efisiensi dan efektifitas pada pengolahan data. Pada penelitian ini penulis memanfaatkan teknologi sistem informasi untuk membuat absensi bagi peserta di seminar literasi ini dengan memanfaatkan salah satu fitur pada Google yaitu Google Form. Google Form atau yang disebut google formulir adalah alat yang berguna untuk membantu merencanakan acara, mengirim survei, memberikan mahasiswa atau orang lain kuis atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efisien. Form juga dihubungkan dengan spreadsheet, google form merupakan sebagai bagian dari Google Drive.</p> 2023-07-11T09:06:23+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1268 Pengembangan Peraturan Permainan Footlykraw (Football, Volly, Takraw) Pada Siswa Sekolah Menengah Atas 2023-07-16T16:45:34+00:00 Zulpikar Ilham ilhamzulfikar@unimed.ac.id Miftahul Ihsan ilhamzulfikar@unimed.ac.id Muhammad Alvan Asharry ilhamzulfikar@unimed.ac.id Dilli Dwi Kuswoyo ilhamzulfikar@unimed.ac.id <p>Permainan footlykraw adalah salah satu permainan cabang olahraga baru yang dimana permainan ini adalah salah satu dari penggabungan tiga cabang olahraga yaitu, sepak bola, bola voli,dan sepak takraw. Permainan ini dimainkan secara beregu, dan dalam permainan ini satu tim terdapat 12 orang, yang di mana 12 orang tersebut yang bermain 7 orang dan 3 cadangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan peraturan permainan footlykraw. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 27 siswa . Peraturan permainan footlykraw yang telah dibuat terlebih dahulu divalidasi oleh 3 orang ahli, diantaranya wasit dari gabungan 3 cabang olahraga&nbsp; 1 guru pendidikan jasmani, dimana persentase validitasnya adalah 87%. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&amp;D). Hasil uji kelompok besar melibatkan 27 siswa SMA. Hasil persentase validitas dengan niai 83,29% menunjukkan bahwa peraturan permainan footlykraw memenuhi&nbsp; kriteria karena persentase antara 82%. Dapat disimpulkan bahwa peraturan permainan ini sangat diperlukan untuk&nbsp; mempermudah dalam suatu permainan dan agar memiliki peraturan yang sudah di tetapkan, karena hal tersebut sangat penting dalam permainan footlykraw latihan selain itu agar permainan footlykraw membantu guru di dalam pelaksanaan proses pembelajaran penjas secara efektif dan efesien.</p> 2023-07-16T16:45:25+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1270 Metode Picture and Picture Dalam Proses Belajar Keterampilan Psikomotor Lari Jarak Pendek 2023-07-16T16:51:22+00:00 Agustinus Bintang Wilana hengkikumbara@univpgri-palembang.ac.id Hengki Kumbara hengkikumbara@univpgri-palembang.ac.id Ramanata Disurya hengkikumbara@univpgri-palembang.ac.id <p>Observasi awal yang peneliti lakukan ditemukan bahwa sebagai besar siswa bermasalah terhadap keterampilan psikomotorik lari jarak pendek dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada pengaruh metode picture and picture terhadap hasil belajar lari jarak pendek pada siswa kelas VII SMP Charitas 04 Karang Binangun. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan jenis one group pretest-postest desain. Sampel penelitian berjumlah 22 orang siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan unjuk kerja (psikomotor) lari jarak pendek. Analisis data menggunakan analisis paired sample t test SPSS 22. Hasil penelitian dan analisis data, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai thtiung diperoleh harga 9,208. Nilai ttabel pada α 0,05 (Df = N-1 = 22-1 = 21) adalah sebesar 1,717. Kriteria pengujian hipotesis Ha diterimah jika thitung &gt; ttabel Kesimpulan ada pengaruh metode picture and picture terhadap hasil belajar lari jarak pendek pada siswa kelas VII MTS Charitas 04 Karang Binangun karena thitung &gt; ttabel (9,208 &gt; 1,717).</p> 2023-07-16T16:51:20+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1271 Pengembangan Model Latihan Passing Atas Dengan Media Target Untuk Pemain Club Tirta Randik Musi Banyuasin 2023-07-16T16:56:06+00:00 Bima Ade Laksana hengkikumbara@univpgri-palembang.ac.id Hengki Kumbara hengkikumbara@univpgri-palembang.ac.id Sukardi hengkikumbara@univpgri-palembang.ac.id <p>Model latihan passing atas melalui media target adalah produk hasil pengembangan untuk latihan passing atas yang dikhususkan bagi pemain club tirta randik Musi Banyuasin karena dalam rangka mengatasi kekurangan dalam melakukan passing atas pada setter club. Tujuan penelitian untuk mengetahui model latihan passing atas melalui media target yang valid dan peraktis digunakan untuk pemain club Tirta Randik Musi Banyuasin. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development dengan tahapan Borg and Gall dengan batasan 5 langkah yaitu Early Product Development, Expert Validation, Product Revision, Early Tes dan Final Product. Penggunaan sampel uji kepraktisan sebanyak 4 orang setter. Pengumpulan data menggunakan (kuisioner) dan analisis data menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian tersusun pedoman latihan berupa Modul Latihan Passing Atas Permainan Bola Voli Melalui Media target (Khusus Untuk Kalangan Atlet Bola Voli Club PDAM Tirta Randik). Produk model latihan passing atas permainan bola voli memiliki nilai expert validasi dari validator ahli kepelatihan sebesar 86,67% dan validator ahli media sebesar 78,57% dengan rata-rata nilai expert validasi adalah 82,62% dengan kriteria valid dan direvisi sesuai kebutuhan. Saran dan kritik perbaikan produk dari validator ahli kepelatihan dan ahli media diperbaiki berdasarkan masukan-masukan untuk penyempurnaan produk model latihan passing atas melalui media target. Uji coba kepraktisan dengan melibatkan sebanyak 4 orang setter pemain club PDAM Tirta Randik mencapai hasil 92% dengan kriteria sangat peraktis.</p> 2023-07-16T16:56:04+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1272 Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Siswa 2023-07-16T16:59:38+00:00 Yulia Tiara Tanjung tiarabortanlia@gmail.com Anggi Nur Nisa Tanjung tiarabortanlia@gmail.com Ade Rahman Matondang tiarabortanlia@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dan mkemandirian belajar siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematik siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Daarul Istiqlal Medan. Subjek Penelitian kelas X sebanyak 35 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Adapun hasil penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan komunikasi matematik siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan pada siklus I terdapat 27 siswa atau 79,1% nilai terendah siswa yakni 2,33 sedangkan untuk nilai ketuntasan memiliki nilai minimal 2,89. Pada siklus II meningkat menjadi 32 siswa atau 97%. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 17,9%. Sedangkan pre test komunikasi matematik diperoleh 12,5% atau nilai 2,11 dengan 4 siswa yang dinyatakan tuntas. Pada post test diperoleh 97% atau nilai 3,54. Sehingga terjadi peningkatan 85%. Juga meningkatnya kemandirian siswa, yang dapat dilihat pada hasil perolehan pada siklus 1 terdapat persentase terendah 33,1% memiliki dan persentase tertinggi 39%. Pada siklus II diperoleh persentase terendah sebesar 69% dan tertinggi 89,8%. Sehingga terjadi peningkatan untuk kemandirian siswa sebesar 51,11%.</p> 2023-07-16T16:59:36+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1208 Peningkatan Hasil Gerak Dasar Lari Melalui Permainan Tradisional Berbasis Disiplin Dan Kerja Sama Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani 2023-07-16T17:14:52+00:00 Martin martin2000@student.untan.ac.id Victor G Simanjuntak martin2000@student.untan.ac.id Muhammad Fachrurrozi Bafadal martin2000@student.untan.ac.id Ahmad Atiq martin2000@student.untan.ac.id Novi Yanti martin2000@student.untan.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil gerak dasar lari dengan melakukan permainan tradisional pada siswa SDN 17 Sungai Raya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hasil untuk meningkatkan gerak dasar lari pada peserta didik di SDN 17 Sungai Raya. Sebelum diberikan tindakan ketuntasan hasil gerak dasar lari pada tahap Pra Siklus dengan nilai baik berjumlah 12 siswa atau 40%. kemudian diberikan tindakan dengan permainan tradisional kedalam gerak dasar lari pada tahap siklus I ketuntasan hasil gerak dasar lari dengan nilai baik menjadi 15 siswa atau 50%, kemudian diberikan lagi tindakan dengan permainan tradisional kedalam hasil gerak dasar lari pada tahap siklus II mencapai ketuntasan 8 siswa dengan nilai sangat baik dan 15 siswa mendapat nilai baik. Jadi yang sudah mencapai KKM berjumlah 23 siswa atau 77%.</p> 2023-07-16T17:10:24+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1138 Hubungan Intensitas Penggunaan Gawai dengan Aktivitas Fisik Mahasiswa Pendidikan Jasmani Angkatan 2022 2023-07-16T17:22:24+00:00 Ihza Mukti Persada ihzamukti@student.untan.ac.id Fitriana Puspa Hidasari ihzamukti@student.untan.ac.id Novi Yanti ihzamukti@student.untan.ac.id Victor G Simanjuntak ihzamukti@student.untan.ac.id Mimi Haetami ihzamukti@student.untan.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara intensitas penggunaan gawai dengan aktivitas fisik mahasiswa Pendidikan Jasmani Angkatan 2022. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian korelasional dan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan jasmani angkatan 2022 yang berjumlah 45 orang. Data pada penelitian ini diperoleh melalui angket intensitas penggunaan gawai untuk mengukur durasi dan frekuensi penggunaan gawai dan kuesioner aktivitas fisik (ipaq) yang digunakan untuk&nbsp; mengukur seberapa besar tingkat aktivitas fisik&nbsp; mahasiswa pendidikan jasmani angkatan 2022 dalam 7 hari. Analisis data pada penelitian ini dibantu menggunakan aplikasi SPSS 26 yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variabel. Dari analisis yang dilakukan diperoleh hasil bahwa variabel X (Intensitas Penggunaan Gawai) terhadap variabel Y (Aktivitas Fisik) diketahui nilai signifikasi 0.141 &gt; 0.05% maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel X (Intensitas Penggunaan Gawai) terhadap variabel Y (Aktivitas Fisik).</p> 2023-07-16T17:18:51+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1189 Efektifitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Lay Up Shoot Bola Basket Pada Siswa Kelas Xi SMA Srijaya Negara Palembang 2023-07-24T05:03:24+00:00 Yoga Handika yogahandika2710@gmail.com Rury Rizhardi ruryrizhardi@univpgri-palembang.ac.id Agung Mahendra agungmahendra@univpgri-palembang.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri menimbulkan pengaruh terhadap hasil belajar lay up shoot bola basket pada siswa kelas XI SMA Srijaya Negara Palembang. Variabel bebas dari penelitian ini yaitu model pembelajaran inkuiri dan Variabel terikat yaitu lay up shoot. Jenis metode penelitian ini metode eksperimen dengan desain Pretest Posttest One Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI berjumlah 218 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel&nbsp; dilakukan dengan cara teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji t menunjukkan nilai t_hitung= 7,362 lebih dari t_(tabel(0,05))= 2,039 sehingga H_o ditolak berarti H_a diterima. Begitu juga nilai sig. Sebesar 0,000 &lt; 0,05. Dan hasil analisis uji N-Gain Skor menunjukkan nilai 46,34% dengan kriteria sedang. Dengan demikian terdapat pengaruh adanya penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar lay up shot bola basket pada siswa kelas XI SMA Srijaya Negara Palembang.</p> 2023-07-24T05:03:10+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1278 Tinjauan Minat Siswa Terhadap Mata Pelajaran PJOK Dan Matematika 2023-07-24T05:07:54+00:00 Maharani Fatima Gandasari maharani.fatima@fkip.untan.ac.id <p>Penelitian survey ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui minat belajar pembelajaran PJOK dan Matematika. Populasinya yaitu siswa SMPNi 2 Ngabang yakni siswa laki-laki sebanyak 30 orang. Peneliti memilih total sampling pada penentuan sampelnya. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan tenik presentase melalui aplikasi SPSS 21. Hasil pada penelitian ini yaitu mulai dari kategori penilaian minat siswa terhadap mata pelajaran PJOK dan Matematika yaitu mulai dari baik sekali sampai dengan kurang dan kurang sekali. Presentase minat siswa pada mata pelajaran PJOK adalah 13,4% (4 Orang) Baik sekali sedangkan untuk minat terhadap Matematika dari 30 sampel murid hasilnya diperoleh 13% (4 Orang) Baik sekali. Hasil pada penelitian ini yaitu minat belajar siswa SMPN 2 Ngabang terhadap PJOK lebih besar dengan kategori Sedang dibandingkan dengan minat belajar siswa SMPN 2 Ngabang terhadap Matematika dengan kategori cukup.</p> 2023-07-24T05:07:51+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1279 Pengaruh Latihan Otot Tungkai Dan Clapping Push Up Terhadap Hasil Jump Smash Pemain Bulu Tangkis Pada (Pemula, Remaja) PB. Sehat Sejahtera 2023-07-24T05:13:11+00:00 Andi Pratama andiparatamaparatama@gmail.com Dessy Wardiah andiparatamaparatama@gmail.com Mutiara Fajar andiparatamaparatama@gmail.com <p>Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan atlet bulu tangkis pada( pemula, remaja) PB. Sehat Sejahtera dalam melakukan <em>jump smash</em>. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lain otot tungkai dan <em>clapping push up</em> terhadap hasil <em>jump smash</em> atlet bulu tangkis pada (pemula, remaja) PB. Sehat Sejahtera. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu<em>, two group prettest-posttest</em> desing yaitu pembagian kelompok eksperimen ini, dengan membagi menjadi dua kelompok dengan <em>ordinal pairing</em> dengan pola A-B-B-A, dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan tes. Intrumen yang digunakan berupa tes <em>forehand smash test</em>. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet bulu tangkis PB. Sehat Sejahtera sebanyak 20 atlet, pengambilan sampel dengan sensus atau sampling total. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji-t. Hasil penelitian diperoleh kelompok eksperimen 1 nilai t-hitung sebesar =7,584 ≥ &nbsp;t<sub>tabel</sub> = 1,833 dan hasil penelitian kelompok eksperimen 2 nilai t-hitung sebesar =7,301 ≥ t<sub>tabel</sub> =&nbsp; 1,833 ada perbedan dari kedua latihan tersebut terhadap peningkatan kemampuan <em>jump smash</em> atlet bulu tangkis pada (pemula, remaja) PB. Sehat Sejahtera. Dan untuk mengetahui&nbsp; manakah dari kedua latihan tersebuat yg paling berpengaruh iyalah dari hasil nilai rata-rata <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> pada kelompok eksperimen 1 adalah 16,20 dan 33,10. Sedangkan nilai rata <em>pretest </em>dan <em>posttest </em>pada kelompok eksperimen 2 adalah 16,20 dan 23,90. Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 16,90 pada kelompok eksperimen 1 sedangkan peningkatan pada kelompok eksperimen 2 adalah 7,70. Dari selisih tersebut bisa diketahui bahwa kenaikan persentase sebesar 100%. Hal ini berati setelah diberi latihan otot tungkai dan <em>clapping push up</em> terjadi peningkatan <em>jump smash</em> atlet. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa&nbsp; latihan otot tungkai memberikan pengaruh yang lebih baik untuk meningkatkan kemampuan <em>jump smash</em> dibandingkan latihan <em>clapping push up</em> dalam kemampuan <em>jump samsh</em>.</p> 2023-07-24T05:12:59+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1284 Pengaruh Variasi Latihan Terhadap Ketepatan Hasil Passing Futsal Pada Siswa Ekstrakurikuler Di MTS Negeri 2 Pontianak 2023-07-26T11:30:18+00:00 Dandi Ardiansyah dandiardiansyah99@student.untan.ac.id Wiwik Yunitaningrum dandiardiansyah99@student.untan.ac.id Fitriana Puspa Hidasari dandiardiansyah99@student.untan.ac.id <p>Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh variasi latihan terhadap ketepatan hasil passing futsal pada siswa ekstrakurikuler Di MTS Negeri 2 Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi latihan terhadap ketepatan hasil passing futsal pada siswa ekstrakurikuler Di MTS Negeri 2 Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan rancangan penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design serta menggunakan instrument berupa tes dengan bentuk tes rubrik. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa ekstrakurikuler Di MTS Negeri 2 Pontianak yang berjumlah 15 orang. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji pengaruh. Maka dari hasil perhitungan uji Homogenitas data dari rata-rata pretest dan posttest di peroleh Fhitung&nbsp; = 1,19 sedangkan Ftabel&nbsp; = 4,60 sehingga didapatkan data berdistribusi normal. Dan uji pengaruh thitung = 17,40 sedangkan ttabel = 2,145 maka Ho di terima dari uji pengaruh. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh variasi latihan terhadap ketepatan hasil passing futsal pada siswa ekstrakurikuler Di MTS Negeri 2 Pontianak dengan peningkatan diperoleh sebesar 42,30% kemampuan ketepatan passing para siswa setelah diberikan treatment atau perlakuan sebanyak 12 kali pertemuan.</p> 2023-07-26T11:30:15+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1282 Analisis Kemampuan Shooting Sepak Bola Usia 10-12 Tahun Pada Sekolah Sepak Bola (SSB) Tasbih Medan 2023-07-26T11:37:32+00:00 Helman Karyaman Hia helmankaryaman@gmail.com Ibnu Tryagnansyah helmankaryaman@gmail.com Alwi Fahruzy Nasution helmankaryaman@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan shooting sepak bola usia 10-12 tahun pada SSB tasbih. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Populasi penelitian ini adalah siswa usia 10-12 tahun di SSB medan yang berjumlah 38 siswa, dengan teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan kriteria yaitu: (1) Siswa SSB medan dengan usia 10-12 tahun, (2) Siswa SSB sudah pernah mendapatkan materi teknik dasar shooting, (3) Siswa SSB medan yang sudah bergabung selama kurang lebih 6 bulan. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi kriteria adalah 25 orang. Pelaksanaan pengambilan data dilakukan di lapangan sepak bola Desa Jonggrangan. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan dasar sepak bola untuk anak usia 10-12 tahun yaitu shooting at the ball. Analisis data dilakukan dengan norma penilaian keterampilan shooting sepak bola dari instrumen tes tersebut. Berdasarkan hasil analisis data, maka penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa tingkat kemampuan shooting sepak bola siswa usia 10-12 tahun pada sdn 105368 karang anyar masuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 36%. Secara keseluruhan tingkat kemampuan shooting sepak bola siswa usia 10-12 tahun pada SSB tasbih yaitu kategori “baik sekali” sebanyak 4 siswa dengan persentase sebesar 16%, kategori “baik” sebanyak 7 siswa dengan persentase sebesar 28%, kategori “sedang” sebanyak 9 siswa dengan persentase sebesar 36%. dan kategori “kurang” sebanyak 5 siswa dengan persentase 20%, sedangkan untuk kategori “kurang sekali” sebanyak 0.</p> 2023-07-26T11:37:28+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1291 Aktivitas Jasmani Peserta Didik SMA Negeri di Kecamatan Percut Sei Tuan 2023-07-30T01:08:06+00:00 Suprayitno suprayitno1@unimed.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat aktivitas jasmani peserta didik SMA Negeri Kecamatan Percut Sei Tuan dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Negeri Kecamatan Percut Sei Tuan yang berjumlah 817 peserta didik. Sampel pada penelitian ini sebesar 20% dari jumlah populasi oleh karena itu sampel pada penelitian ini berjumlah 165 peserta didik yang terbagi terdiri dari 82 orang peserta didik SMA Negeri 1 dan 83 orang dari SMA N 2 Percut Sei Tuan. Jumlah 165 sampel mewakili kelas X, XI dan XII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa survei tingkat aktivitas jasmani pada peserta didik di SMA Negeri Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun 2023 adalah sebagai berikut; &nbsp;kelompok kelas X yang berjumlah 55 orang didapat hasil 79% (kategori baik), kelompok kelas XI yang berjumlah 60 orang didapat hasil 86% (kategori sangat baik) dan kelompok kelas XII yang berjumlah 50 orang didapat hasil 86% (kategori sangat baik). Jika di rata-rata, hasil dari ketiga kelompok tersebut masuk kategori baik sekali.</p> 2023-07-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1297 Perbedaan Pengaruh Latihan Interval Training dan Latihan Fartlek Terhadap Daya Tahan Pemain Futsal 2023-07-31T07:38:09+00:00 Intan Primayanti Intanprimayanti@undikma.ac.id Subakti Intanprimayanti@undikma.ac.id Lalu Hulfian Intanprimayanti@undikma.ac.id <p>Latihan interval dan fartlek memiliki fungsi untuk meningkatkan daya tahan seseorang. Namun demikian, belum kita ketahui latihan mana yang memiliki dampak yang lebih baik untuk atlet futsal belum kita ketahui. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan pengaruh dari latihan interval training dan latihan fartlek terhadap peningkatan kemampuan Daya tahan pemain futsal. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen “Two-Group Pretest-posttest Design”. Sampel yang digunakan adalah pemain futsal Pra PON NTB yang berjumlah 14 pemain. Instrumen penelitian untuk mengukur daya tahan menggunakan tes lari multi tahap (MFT). Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, tes perbuatan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan T-test secara statistik parametric dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan uji homogenitas diperoleh nilai signifikansi (<em>Sig.</em>) <em>Based on Mean</em> sebesar 0,956 &gt; 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa varians data <em>post-test</em> kelompok A dan kelompok B adalah sama atau homogen. Berdasarkan uji <em>Independent Sampel T-Test</em> diperoleh nilai <em>Sig.</em> (2-<em>tailed</em>) sebesar 0,663 &gt; 0,05, artinya tidak ada perbedaan pengaruh hasil peningkatan kemampuan <em>Daya tahan</em> antara kelompok A (<em>Interval Training</em>) dengan kelompok B (<em>Fartlek Training</em>).</p> 2023-07-31T07:37:58+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1292 Konsep Diri Pada Remaja Yang Mengalami Broken Home 2023-07-31T17:27:13+00:00 Putri Anggraini pa259862@gmail.com Nurvica Sari pa259862@gmail.com <p>Broken home adalah situasi keluarga yang tidak harmonis sehingga menyebabkan dampak psikologis pada anak yang memasuki masa remaja. masa remaja adalah masa yang sangat baik untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh seorang anak remaja. Konsep diri merupakan variabel yang akan ikut menentukan bagaimana individu merasakan, menerima, dan merespon diri dan lingkungannya. Apabila individu menilai dirinya kurang baik, maka individu akan menganggap remeh dan membayangkan kegagalan usahanya, sedangkan bila individu menerima dirinya baik, maka individu akan bersikap optimis terhadap usahanya sehingga kemungkinan untuk sukses. Pada anak yang mengalami broken home ketika seorang anak tersebut memiliki konsep diri yang positif lalu anak tersebut mendapatkan perhatian dari kedua orang tuanya maka ia akan menunjukan sikap yang optimis terhadap masa depannya dan percaya diri terhadap apa yang ingin dilakukannya dan sebaliknya anak yang memiliki konsep diri yang negative dan tidak mendapatkan perhatian dan kasih maka anak tersebut akan menunjukan sikap rendah diri, merasa ragu, tidak percaya diri.</p> 2023-07-31T17:27:10+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1293 Sistem Keamanan Penjara Menggunakan Password dan Sms Gateway Berbasis Arduino Uno 2023-07-31T17:31:24+00:00 Aldi Syahbana Harahap aldisyahhrp2000@gmail.com Ricky Ramadhan Harahap aldisyahhrp2000@gmail.com Radiyan Rahim aldisyahhrp2000@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas sistem keamanan di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) melalui penerapan mikrokontroler Arduino Uno. Latar belakang penelitian ini menyoroti kelemahan yang ada dalam sistem keamanan LAPAS yang telah mengakibatkan pelarian narapidana dan kelalaian dalam pengawasan. Metode penelitian yang digunakan meliputi penelusuran literatur dan analisis kebutuhan guna merancang sistem keamanan yang optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan berhasil diimplementasikan dengan menggunakan mikrokontroler Arduino Uno. Sistem ini terdiri dari keypad untuk memasukkan password, layar LCD untuk menampilkan notifikasi, buzzer sebagai indikator audio, dan solenoid door lock untuk mengunci pintu sel. Apabila password yang dimasukkan sesuai, pintu sel akan terbuka, dan notifikasi akan dikirimkan melalui pesan teks menggunakan modul SIM900 A. Pengukuran pada komponen sistem menunjukkan hasil yang konsisten dengan harapan yang diinginkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mikrokontroler Arduino Uno dapat diimplementasikan dengan baik untuk mengendalikan sistem keamanan di LAPAS. Penggunaan teknologi ini mampu meningkatkan efisiensi keamanan dan membantu pengawasan terhadap tahanan.</p> 2023-07-31T17:31:20+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1186 Pengaruh Latihan Senam SKJ Pelajar 2022 Terhadap Daya Tahan Kardiovaskular Siswa Di SMP Negeri 21 Pontianak 2023-07-31T17:33:41+00:00 Luna Afrillia Cenza lunaafrilliacenza@student.untan.ac.id Fitriana Puspa Hidasari lunaafrilliacenza@student.untan.ac.id Muhammad Fahrurrozi Bafadal lunaafrilliacenza@student.untan.ac.id Mimi Haetami lunaafrilliacenza@student.untan.ac.id Andika Triansyah lunaafrilliacenza@student.untan.ac.id <p>Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tentang pengaruh latihan senam SKJ pelajar 2022 terhadap daya tahan kardiovaskular di SMP Negeri 21 Pontianak. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen serta desain penelitian yang digunakan pada penelitan ini ialah&nbsp; pre-exsperiment groups pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu bentuk tes, instrument yang peneliti gunakan yaitu pacer test, sampel yang digunakan ialah&nbsp; peserta didik kelas VIII pada SMP Negeri 21 Pontianak yang berjumlah 34 orang. Teknik analisis data&nbsp; menggunakan presentase (%). Hasi analisis data menunjukan bahwa didapat thitung 16.752 &gt; ttabel 1,692 dengan taraf α= 0,05 adalah ada pengaruh yang signifikan&nbsp; antara latihan senam SKJ pelajar 2022 dengan daya tahan kardiovaskular dan persentase kemampuan sebesar 39,78%.&nbsp; Jadi keseimpulan dalam penelitian ini adalah latihan&nbsp; senam SKJ pelajar 2022 memberikan dampak terhadap daya tahan kardiovaskular siswa-siswi SMP Negeri 21 Pontianak.</p> 2023-07-31T17:33:37+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1298 Hubungan Tingkat Kecukupan Gizi Terhadap Daya Tahan Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Angkatan 2021 2023-07-31T17:35:25+00:00 Desy Ramadayanti desyramadayanti01@student.untan.ac.id Fitriana Puspa Hidasari desyramadayanti01@student.untan.ac.id Andika Triansyah desyramadayanti01@student.untan.ac.id Mimi Haetami desyramadayanti01@student.untan.ac.id Muhammad Fahrurrozi Bafadal desyramadayanti01@student.untan.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Hubungan Antara Tingkat Kecukupan Gizi Dengan Daya Tahan Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Angkatan 2021. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian korelasional dan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan jasmani angkatan 2021 yang berjumlah 37 orang. Data pada penelitian ini diperoleh dari angket food recall 24 jam, dan pada daya tahan data diambil menggunakan test lari 1.600 meter untuk mengukur daya tahan pada mahasiswa pendidikan jasmani angkatan 2021.Analisis data pada penelitian ini dibantu menggunakan aplikasi SPSS 26 untuk mengetahui hubungan antar variabel. Dari analisis yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut variabel X (Kecukupan Gizi) dengan variabel Y( Daya Tahan) diketahui bahwa nilai signifikasi 0,186 &gt; 0,05% maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara variabel X ( Kecukupan Gizi) dengan variabel Y (Daya Tahan).</p> 2023-07-31T17:35:17+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1304 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Mengggunakan Alat Bantu Ban 2023-08-01T16:53:46+00:00 Aktivitas Denotatif Waruwu alwifahruzynasution@gmail.com Oferman Lafau alwifahruzynasution@gmail.com Alwi Fahruzy Nasution alwifahruzynasution@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Lari Sprint dengan menggunakan alat bantu ban pada siswa kelas VII SMP Swasta Gajah Mada. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2019. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Lari jarak pendek masih rendah. Dari 25 orang siswa terdapat 10 orang (40%) yang tidak mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 15 orang (60%) telah mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 60,97. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 25 orang siswa terdapat 22 orang (88%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang (12%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,16. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar Lari Sprint dengan menggunakan alat bantu ban pada siswa kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan .</p> 2023-07-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/1368 Pengaruh Model Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Aktivitas Berlari Di SD Negeri 066650 Medan 2023-08-29T16:43:30+00:00 Heka Mayasari br Sembiring heka77maya@gmail.com Reflina Sinaga heka77maya@gmail.com <p>Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini dalah metode deskriptif menggunakan analisis koefisien korelasi sederhana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan jenis analisis korelasi dikarenakan ada hubungan sebab akibat antara dua variabel. Penelitian ini ada dua macam variabel, yaitu variabel bebas (independent) dan variabel terikat (dependent), &nbsp;Desain penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah desain korelasional, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 066650 Medan&nbsp;&nbsp; yang berjumlah 30 siswa yaitu seluruh anggota populasi total. Hasil perhitungan pengaruh model pendekatan bermain&nbsp; terhadap aktifitas berlari ditunjukkan dengan korelasi 0,970. Berdasarkan tabel interpretasi nilai r, korelasi&nbsp; r_xy0,970 terletak pada rentang nilai 0,80 – 1,000. Maka dapat di simpulkan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika memiliki&nbsp; pengaruh yang sangat kuat. Perhitungan secara manual dapat diketahui bahwa nilai t_(hitung )21,209 dan t_(tabel&nbsp; )sebesar 1.69. Jika itu di konsultasikan dengan nilai t_(hitung&nbsp; )pada derajat kebebasan (df)= 30 sebesar 1.69 sehingga t_(hitung )21,209 ≥t_(tabel&nbsp; )1.69, sehingga t_(hitung )≥t_(tabel&nbsp; ). Maka Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara model pendekatan bermain&nbsp; (X) terhadap aktifitas berlari&nbsp; siswa (Y) maka hipotesis diterima.</p> 2023-07-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Pendidikan