Pengaruh Model Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Aktivitas Berlari Di SD Negeri 066650 Medan

  • Heka Mayasari br Sembiring UUniversitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara
  • Reflina Sinaga Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara
Keywords: Pendekatan bermain, Pembelajaran, Berlari

Abstract

Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini dalah metode deskriptif menggunakan analisis koefisien korelasi sederhana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan jenis analisis korelasi dikarenakan ada hubungan sebab akibat antara dua variabel. Penelitian ini ada dua macam variabel, yaitu variabel bebas (independent) dan variabel terikat (dependent),  Desain penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah desain korelasional, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 066650 Medan   yang berjumlah 30 siswa yaitu seluruh anggota populasi total. Hasil perhitungan pengaruh model pendekatan bermain  terhadap aktifitas berlari ditunjukkan dengan korelasi 0,970. Berdasarkan tabel interpretasi nilai r, korelasi  r_xy0,970 terletak pada rentang nilai 0,80 – 1,000. Maka dapat di simpulkan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika memiliki  pengaruh yang sangat kuat. Perhitungan secara manual dapat diketahui bahwa nilai t_(hitung )21,209 dan t_(tabel  )sebesar 1.69. Jika itu di konsultasikan dengan nilai t_(hitung  )pada derajat kebebasan (df)= 30 sebesar 1.69 sehingga t_(hitung )21,209 ≥t_(tabel  )1.69, sehingga t_(hitung )≥t_(tabel  ). Maka Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara model pendekatan bermain  (X) terhadap aktifitas berlari  siswa (Y) maka hipotesis diterima.

Published
2023-07-31
How to Cite
Mayasari br Sembiring, H., & Reflina Sinaga. (2023). Pengaruh Model Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Aktivitas Berlari Di SD Negeri 066650 Medan. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 514-527. https://doi.org/10.55081/jurdip.v3i3.1368