Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Siswa

  • Yulia Tiara Tanjung Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Anggi Nur Nisa Tanjung Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Ade Rahman Matondang Universitas Al Washliyah
Keywords: Konstruktivisme, Komunikasi Matematika, Kemandirian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dan mkemandirian belajar siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematik siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Daarul Istiqlal Medan. Subjek Penelitian kelas X sebanyak 35 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Adapun hasil penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan komunikasi matematik siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan pada siklus I terdapat 27 siswa atau 79,1% nilai terendah siswa yakni 2,33 sedangkan untuk nilai ketuntasan memiliki nilai minimal 2,89. Pada siklus II meningkat menjadi 32 siswa atau 97%. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 17,9%. Sedangkan pre test komunikasi matematik diperoleh 12,5% atau nilai 2,11 dengan 4 siswa yang dinyatakan tuntas. Pada post test diperoleh 97% atau nilai 3,54. Sehingga terjadi peningkatan 85%. Juga meningkatnya kemandirian siswa, yang dapat dilihat pada hasil perolehan pada siklus 1 terdapat persentase terendah 33,1% memiliki dan persentase tertinggi 39%. Pada siklus II diperoleh persentase terendah sebesar 69% dan tertinggi 89,8%. Sehingga terjadi peningkatan untuk kemandirian siswa sebesar 51,11%.

Published
2023-07-16
How to Cite
Yulia Tiara Tanjung, Anggi Nur Nisa Tanjung, & Ade Rahman Matondang. (2023). Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Siswa. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 350-361. https://doi.org/10.55081/jurdip.v3i3.1272