Metode Picture and Picture Dalam Proses Belajar Keterampilan Psikomotor Lari Jarak Pendek

  • Agustinus Bintang Wilana Universitas PGRI Palembang
  • Hengki Kumbara Universitas PGRI Palembang
  • Ramanata Disurya Universitas PGRI Palembang
Keywords: Metode Picture, Psikomotor, Lari

Abstract

Observasi awal yang peneliti lakukan ditemukan bahwa sebagai besar siswa bermasalah terhadap keterampilan psikomotorik lari jarak pendek dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada pengaruh metode picture and picture terhadap hasil belajar lari jarak pendek pada siswa kelas VII SMP Charitas 04 Karang Binangun. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan jenis one group pretest-postest desain. Sampel penelitian berjumlah 22 orang siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan unjuk kerja (psikomotor) lari jarak pendek. Analisis data menggunakan analisis paired sample t test SPSS 22. Hasil penelitian dan analisis data, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai thtiung diperoleh harga 9,208. Nilai ttabel pada α 0,05 (Df = N-1 = 22-1 = 21) adalah sebesar 1,717. Kriteria pengujian hipotesis Ha diterimah jika thitung > ttabel Kesimpulan ada pengaruh metode picture and picture terhadap hasil belajar lari jarak pendek pada siswa kelas VII MTS Charitas 04 Karang Binangun karena thitung > ttabel (9,208 > 1,717).

Published
2023-07-16
How to Cite
Agustinus Bintang Wilana, Hengki Kumbara, & Ramanata Disurya. (2023). Metode Picture and Picture Dalam Proses Belajar Keterampilan Psikomotor Lari Jarak Pendek. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 326-336. https://doi.org/10.55081/jurdip.v3i3.1270