Pengembangan Peraturan Permainan Footlykraw (Football, Volly, Takraw) Pada Siswa Sekolah Menengah Atas

  • Zulpikar Ilham Universitas Negeri Medan
  • Miftahul Ihsan Universitas Musamus Merauke
  • Muhammad Alvan Asharry Universitas Musamus Merauke
  • Dilli Dwi Kuswoyo Universitas Musamus Merauke
Keywords: Pengembangan, Peraturan, Permainan, Footlykraw

Abstract

Permainan footlykraw adalah salah satu permainan cabang olahraga baru yang dimana permainan ini adalah salah satu dari penggabungan tiga cabang olahraga yaitu, sepak bola, bola voli,dan sepak takraw. Permainan ini dimainkan secara beregu, dan dalam permainan ini satu tim terdapat 12 orang, yang di mana 12 orang tersebut yang bermain 7 orang dan 3 cadangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan peraturan permainan footlykraw. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 27 siswa . Peraturan permainan footlykraw yang telah dibuat terlebih dahulu divalidasi oleh 3 orang ahli, diantaranya wasit dari gabungan 3 cabang olahraga  1 guru pendidikan jasmani, dimana persentase validitasnya adalah 87%. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D). Hasil uji kelompok besar melibatkan 27 siswa SMA. Hasil persentase validitas dengan niai 83,29% menunjukkan bahwa peraturan permainan footlykraw memenuhi  kriteria karena persentase antara 82%. Dapat disimpulkan bahwa peraturan permainan ini sangat diperlukan untuk  mempermudah dalam suatu permainan dan agar memiliki peraturan yang sudah di tetapkan, karena hal tersebut sangat penting dalam permainan footlykraw latihan selain itu agar permainan footlykraw membantu guru di dalam pelaksanaan proses pembelajaran penjas secara efektif dan efesien.

Published
2023-07-16
How to Cite
Zulpikar Ilham, Miftahul Ihsan, Muhammad Alvan Asharry, & Dilli Dwi Kuswoyo. (2023). Pengembangan Peraturan Permainan Footlykraw (Football, Volly, Takraw) Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 319-325. https://doi.org/10.55081/jurdip.v3i3.1268