Pengaruh Skarifikasi Menggunakan Asam Sulfat Dengan Pencahayaan Terhadap Pertumbuhan Dan Perkecambahan Biji Lamtoro (Leucaena Leucocephala)

  • Indriani Studi Teknologi Hasil Peternakan, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Bone
  • Nursani Studi Teknologi Hasil Peternakan, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Bone
  • Reski Amaliah Studi Teknologi Hasil Peternakan, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Bone
  • Dewi Ramadhani Studi Teknologi Hasil Peternakan, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Bone
  • Rika Hari Lestari Studi Teknologi Hasil Peternakan, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Bone
  • Arisandi Studi Teknologi Hasil Peternakan, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Bone
Keywords: Asam Sulfat, Pencahayaan, Biji lamtoro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pencahayaan dan skarifikasi dengan asam sulfat terhadap perkecambahan biji lamtoro. Menggunakan rancangan petak terpisah faktor utama (main plot) yaitu pencahayaan, sebagai anak petak adalah perendaman pada asam sulfat pekat (96% ). Lama perendaman biji lamtoro dalam larutan asam sulfat adalah 5, 10, 15, 20  dan 25 menit. Parameter yang di ukur adalah perkecambahan,   panjang akar, dan panjang batang. Analisis sidik ragam memperlihatkan bahwa pencahayaan tidak berpengaruh nyata terhadap persentase perkecambahan dan panjang akar,   tetapi berpengaruh nyata (<0,05) terhadap panjang batang.  Perendaman dalam asam sulfat pekat, tidak berpengaruh nyata terhadap panjang batang dan panjang akar, tetapi berpengaruh nyata terhadap persentase perkecambahan. Dapat disimpulkan bahwan perlakuan yang terbaik adalah perendaman biji dalam asam sulfat selama 20 menit karena testa mampu menghasilkan perkecambahan tertinggi.

Published
2023-07-10
How to Cite
Indriani, Nursani, Reski Amaliah, Dewi Ramadhani, Rika Hari Lestari, & Arisandi. (2023). Pengaruh Skarifikasi Menggunakan Asam Sulfat Dengan Pencahayaan Terhadap Pertumbuhan Dan Perkecambahan Biji Lamtoro (Leucaena Leucocephala). Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 149-156. https://doi.org/10.55081/jurdip.v3i3.1213