Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER <p><a title="e-ISSN" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1596804758" target="_blank" rel="noopener">e-ISSN 2746-1610 (Media Online)</a></p> <p>JUMPER (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga) merupakan kumpulan yang berasal dari tugas akhir mahasiswa ataupun hasil penelitian mahasiswa di bidang Pendidikan Olahraga.&nbsp; JUMPER (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga) terbit setahun dua kali yaitu pada bulan Mei dan Oktober.</p> en-US <p>Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi&nbsp;<a href="http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/" rel="license">Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International</a>.&nbsp;Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.</p> <p>Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.</p> <p>Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan.</p> alanalfiansyahputra03@gmail.com (Alan Alfiansyah Putra Karo Karo) lppmbinaguna@gmail.com (LPPM STOK Bina Guna) Sat, 13 May 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Peserta Didik Dalam Permainan Bola Voli Melalui Metode Drill Dengan Bantuan Alat Modifikasi Bola Gantung https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/780 <p>Studi pendahuluan menunjukkan rendahnya keterampilan teknik <em>passing</em> bawah pesera didik dalam permainan bola voli karena bola yang digunakan berukuran standar, dianggap terlalu keras, dan menimbulkan rasa sakit pada tangan. Selain itu, waktu pembelajaran kurang efektif karena banyak digunakan untuk memungut bola yang lepas dari kontrol. Permasalahan diperparah dengan kurangnya sarana prasarana sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan keterampilan <em>passing </em>bawah peserta didik dalam permainan bola voli menggunakan metode <em>drill </em>berbantuan alat modifikasi bola gantung. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus, masing-masing mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sejumlah 32 peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Juwangi semester gasal tahun pelajaran 2022/2023 menjadi subjek penelitian. Peneliti menggunakan teknik tes, survei, dokumentasi, dan wawancara dalam pengumpulan data. Instrumen penelitian mengadopsi instrumen penelitian terdahulu dan divalidasi ahli. Data dianalisis secara deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) rata-rata nilai keterampilan <em>passing</em> bawah meningkat sampai dengan 82,81, (2)&nbsp; ketuntasan klasikal kelas meningkat sampai dengan 84,38%, dan (3)&nbsp; rata-rata nilai partisipasi peserta didik diketahui sebesar 78,91. Hasil penelitian memotivasi rekan sejawat untuk memperbaiki kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian tidak memperhitungkan peningkatan keterampilan yang diperoleh peserta didik akibat pelatihan di luar pembelajaran.</p> M. Fatchur Rochim Copyright (c) 2023 Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/780 Sun, 14 May 2023 00:00:00 +0000 Perbedaan Pengaruh Latihan Shooting Dari Operan Dan Shooting Setelah Menggiring Terhadap Peningkatan Hasil Shooting Sepak Bola https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/901 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara <em>shooting </em>dari operan dan <em>shooting </em>&nbsp;setelah menggiring terhadap kemampuan <em>shooting</em> sepak bola pada siswa ekstrakurikuler sepakbola smp swasta agia sophia medan tahun&nbsp; 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah&nbsp; metode <em>experiment</em>. dengan pelaksanaan latihan yaitu&nbsp; <em>shooting </em>dari operan dan <em>shooting </em>&nbsp;setelah menggiring. Populasi adalah siswa ekstrakurikuler sepakbola smp swasta agia sophia medan yang berjumlah 24 orang. Jumlah sampel&nbsp; 24 orang diperoleh dengan teknik <em>total sampling,</em> selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik <em>mathing pairing </em>yaitu kelompok latihan dari operan<em>,</em> kelompok latihan <em>shooting </em>setelah menggiring<em>. </em>Instrumen penelitian untuk pengumpulan data dengan test dan pengukuran yaitu tes menembak bola ke sasaran untuk mengetahui kemampuan <em>shooting</em> sepak bola Analisis hipotesis pertama dari data <em>pre-test</em> dan data <em>post-test</em>&nbsp;&nbsp; kemampuan <em>shooting</em> sepak bola pada kelompok latihan <em>shooting </em>dari operan diperoleh t­<sub>hitung&nbsp; </sub>sebesar 8,73 serta t<sub>tabel </sub>sebesar 2,20 dengan =0,05 (t<sub> hitung </sub>&gt; t <sub>tabel</sub>) berarti h<sub>o </sub>ditolak dan h<sub>a </sub>diterima. Analisis hipotesis kedua dari data <em>pre-test</em> dan data <em>post- test</em>&nbsp;&nbsp; kemampuan <em>shooting</em> sepak bola pada kelompok latihan <em>shooting </em>setelah menggiring diperoleh t­<sub>hitung&nbsp; </sub>sebesar 7,07&nbsp; serta t<sub>tabel </sub>sebesar 2,20 dengan =0,05 (t<sub> hitung </sub>&gt; t <sub>tabel</sub>&nbsp; ) berarti h<sub>o </sub>ditolak dan h<sub>a </sub>diterima. Analisis hipotesis ketiga dari rata-rata dan simpangan baku diperoleh t <sub>hitung </sub>sebesar -0,65 serta t <sub>tabel </sub>2,07 dengan = 0,05 (t<sub> hitung </sub>&lt; t <sub>tabel </sub>) berarti h<sub>o </sub>diterima dan h<sub>a </sub>ditolak.</p> James Edwin Rezeki Silaban, Pedomanta Keliat Copyright (c) 2023 Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/901 Mon, 15 May 2023 00:11:18 +0000 Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil BelajarPassing Sepak Bola Peserta Didik https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/904 <p>Berdasarkan observasi yang dilakukan dengan guru PJOK di SMPN 1 Nganjuk terdapat permasalahan yaitu beberapa peserta didik belum menguasai keterampilan <em>passing</em> sepak bola. Selain itu, belum adanya penerapan media pembelajaran berbasis teknologi. Oleh karena, itu peneliti berkeinginan melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar penerapan media <em>Augmented Reality</em>&nbsp; terhadap hasil belajar passing sepak bola peserta didik. Metode dalam penelitian ini yaitu metode <em>preexperimental desain</em> dengan desain <em>One Grup Pretest-Posttest Design</em>. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Nganjuk. Sampel penelitian ini berjumlah 30 yang diambil dari &nbsp;peserta didik kelas VIII-3. Data dikumpulkan menggunakan <em>pretest</em> dan <em>posttest</em>. Analisis data meliputi uji Normalitas uji <em>Paired Sample T-Test</em> dan Presentase menggunaakn SPSS Versi 26. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh penggunaan media <em>Augmented Reality</em> terhadap hasil belajar <em>passing</em> sepak bola. Diperoleh rata-rata <em>pretest</em> ke <em>posttest</em> pengetahuan yaitu 63,6667 dan pada keterampilan yaitu 85,5. Data pada penelitian ini telah diuji normalitas dan data berdistribusi normal. Uji <em>Paired Sample T-test </em>yang diperoleh yaitu nilai Sig. (2-tailed) penegtahuan sebesar 0,000 dan keterampilan sebesar 0.000. Hal ini berarti nilai sig &lt; 0,05 Sehingga disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media <em>augmented reality </em>terhadap hasil belajar <em>passing</em> sepak bola peserta didik.</p> Adinda Nur Kumalasari, Mochamad Ridwan Copyright (c) 2023 Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/904 Mon, 15 May 2023 00:31:40 +0000 Analisis Keterampilan Melempar Siswa Menengah Atas Di SMA Laboratorium UPI Pada Masa Pandemi Covid-19 https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/955 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan manipulatif (melempar) siswa sekolah menengah atas pada masa pandemic covid-19. Survey dilakukan terhadap 137 siswa dengan perbadingan 59 siswa laki-laki (43%) dan 78 perempuan (57%) di sekolah menengah atas kelas 12 di lingkungan universitas Pendidikan Indonesia, data di obsevasi dengan instrument yang dikembangkan oleh keterampilan gerak manipulatif yang di kembangkan oleh (Gallahue &amp; Donnelly, 2007), berkaitan dengan keterampilan manipulatif (Menendang, menangkap, melempar, &amp; taping). Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan manipulatif siswa kelas XII SMA LAB SCHOOL UPI berada pada kategori yang cukup baik, dikarenakan data yang telah di analisis menunjukan bahwa rata-rata siswa memiliki kemampuan manipulatif (melempar) yang berada pada kategori Elementary stage dan Mature stage. Sebanyak 55% siswa berada pada kelompok Mature stage dan 45% Berada pada kelompok Elementary stage.</p> Devtio Dwiwahyudi Devtio, Nuryadi, Tri Martini Copyright (c) 2023 Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/955 Mon, 15 May 2023 01:00:48 +0000 Peningkatan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola Dengan Menggunakan Metode Variasi Latihan Running With The Ball Atlet Usia 10-12 https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/981 <p>Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil latihan <em>dribbling </em>dalam permainan sepakbola melalui variasi latihan <em>running with the ball </em>pada atlet SSB Sejati Pratama Medan tahun 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama satu siklus. Bentuk tes untuk pengumpulan data adalah hasil tes <em>dribbling</em>. Berdasarkan hasil <em>pre-test</em> ternyata dari 16 atlet SSB Sejati Pratama Medan usia 10-12 tahun belum mencapai batas pencapaian target personal yang ditetapkan peneliti yaitu sebesar 10% dan batas ketercapaian kelompok 80 %. Pada siklus I setelah diberikan perlakuan latihan menggunakan metode variasi latihan <em>running with the ball</em> . Dari 16 atlet, terdapat 14 atlet yang telah mencapai peningkatan target personal sebesar 10% dengan nilai kemampuan rata- rata atlet sebesar 13,7% dan batas ketercapaian kelompok sebesar (87,5%). Dalam hal ini dapat dilihat bahwa telah terjadi peningkatan nilai rata - rata hasil latihan atlet dari tes awal <em>(Pre-test)</em>12,5% ke akhir siklus I <em>(Post-Test)</em>87,5% yaitu peningkatan keberhasilan secara klasikal sebesar 75%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode variasi latihan <em>running with the ball</em> dapat meningkatkan hasil kecepatan menggiring bola pada atlet usia 10-12 tahun sekolah sepakbola (SSB) Sejati Pratama Medan tahun 2014.</p> Julio Roberto, Rizkei Kurniawan, Yoki Afriandy Rangkuti Copyright (c) 2023 Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/981 Mon, 15 May 2023 01:55:50 +0000 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Sepak Bola Melalui Variasi Media Pembelajaran https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/990 <p>Dimasa peralihan sekolah akibat covid -19 yang mana sebelum nya sekolah menerapkan pembelajaran daring dan sekarang sudah kembali luring, banyak peserta didik yang mengalami penurunan nilai pembelajaran dan beberapa peserta didik mengalami penurunan ketertarikan terhadap pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan rekreasi. Tujuan dari penelitian ini adalah&nbsp; untuk mengetahui pencapaian hasil belajar <em>Passing</em> sepak bola dengan variasi media pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Langsa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (<em>Action Research) </em>model Kemmis dan Taggart. Instrumen pengumpulan dalam penelitian ini terdiri dari test unjuk kerja, observasi&nbsp; dan catatan lapangan. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan berupa suatu siklus atau daur ulang berbentuk spiral <em>(a spiral of steps)</em> yang setiap langkahnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Langsa. Penentuan sampel menggunakan <em>purposive sampling.</em> Maka, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 6 berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 20 siswa putri dan 14 siswa putra. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil peneltian menunjukan bahwa Peningkatan keterampilan <em>passing</em> kaki bagian dalam dapat dilihat dari nilai pada siklus I sampai siklus II. Pada siklus I nilai ketuntasannya adalah 54%, dan pada siklus II menjadi 90%. Nilai rata-rata ketrampilan <em>passing </em>kaki bagian dalam juga meningkat, yaitu dimana pada siklus I adalah 70, meningkat pada siklus II menjadi 83. Data tersebut menunjukkan peningkatan ketrampilan <em>passing </em>kaki bagian dalam prasiklus sampai dengan siklus dua. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan penelitian sudah berhasil dengan baik, sesuai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan 82. Bedasarkan hasil penelitian bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa variasi pembelajaran passing sepakbola melalui pendekan media pembelajaran pada pembelajaran pendidikan jasmani siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Langsa.</p> Muhajjir Syahputra, Rizkei Kurniawan, Yoki Afriandy Rangkuti, Muhamad Faisal, Azrul Rizki Copyright (c) 2023 Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/990 Mon, 15 May 2023 04:32:26 +0000 Pengaruh Media Augmented Reality Terhadap Motivasi Belajar Passing Sepak Bola https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/903 <p>Salah satu upaya dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah menggunakan media pembelajaran yang interaktif dan terbaru, salah satu media interaktif adalah <em>Augmented Reality</em>, menggunakan media <em>Augmented Reality</em> pada pembelajaran PJOK kususnya pada materi sepak bola memungkinkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media AR <em>passing </em>sepak bola dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi peserta didik setelah menggunakan media AR pada materi <em>Passing</em> sepak bola. pada penelitian ini mengguakan metode <em>praexsperimental</em> dengan desain “<em>one group prtest-postest</em>”. Pengambilan sampel penelitian menggunakan <em>cluster random sampling</em> pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data statistik deskriptif data penelitian ini meliputi penyajian data mean, presentase, standart deviasi dan statistik inferensial yang uji prasyarat data normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian ini dibuktikan dengan t hitung -12,181 &gt; t table 2,045 dan nilai signifkansi 0,000&lt; 0,05, maka dari itu Ha diterima. Hasil menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada motivasi belajar peserta didik setelah adanya penerapan media Augmented Reality pada materi passing sepak bola. Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap motivasi belajar setelah diterapkannya media Augmented Reality pada materi passing sepak bola. hal ini dibuktikkan dengan besar peningkatan motivasi belajar passing sepak bola setelah diberikan treatment media Augmented Reality yang dilakukan selama 2 kali pertemuan yaitu sebesar 8%.</p> Wukir Asih, Mochamad Ridwan Copyright (c) 2023 Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/903 Wed, 31 May 2023 00:00:00 +0000 Praktik Permainan Tiga Pos Untuk Menaikkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Peserta Didik Kelas 5 SDN Putat Gede I/94 Surabaya. https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1010 <p>Guling depan pada senam lantai adalah bagian pelajaran yang ada di PJOK, yang mana materi ini juga sangat penting untuk meningkatkan ketangkasan peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah permainan 3 pos bisa menaikkan hasil belajar senam lantai guling depan. Metode yang digunakan yaitu <em>Classroom Action Research </em>dengan Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas 5B SDN Putat Gede I/94 Surabaya. jumlah peserta didik sebayak 29 orang dengan rincian 11 orang laki-laki dan 18 orang adalah perempuan. Penelitian ini terbagi dalam siklus I dan siklus II. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang berasal dari nilai unjuk kerja yang telah dilakukan peserta didik. Indikator keberhasilan penelitian ini ditunjukkan dengan. peningkatan hasil belajar pada ranah psikomotor minimal 75%&nbsp; (22 Peserta didik) dari nilai KKM yang telah ditentukan (KKM=75). Hasil penelitian ini yaitu permainan 3 pos bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik yang mana pada siklus I ada peningkatan hasil belajar sebesar 17,24% kemudian dilanjut pada saat siklus II terjadi peningkatan kembali sebesar 24,14%. Sehingga peningkatan hasil belajar senam lantai guling depan pada saat pre-test hingga penelitian siklus II ini dilakukan adalah sebesar 41,38%.</p> <p>&nbsp;</p> Afrianto, Faridha Nurhayati, Agus Asmorohadi Copyright (c) 2023 Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1010 Wed, 31 May 2023 05:53:17 +0000 Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Pada Komponen Kecepatan dan Kelincahan Melalui Permainan Pada Siswa kelas XI IPA 5 https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/992 <p>Pendidikan jasmani bertujuan untuk memberikan aktivitas gerak yang cukup bagi peserta didik untuk memberikan kebugaran jasmani pada peserta didik. Salah satu materi kebugaran jasmani yang ada pada kelas XI dengan memberikan materi kelincahan dan kecepatan yang diukur dengan instrumen yang terstandart. Pemberian metode mengajar permainan dilakukan untuk upaya meningkatkan kelincahan dan kecepatan pada peserta didik. Metode penelitian ini dilakukan pada peserta didik SMAN 3 Jombang kelas XI IPA 5 dengan berjumlah 34 peserta didik. Instrumen yang diberikan untuk mengukur hasil <em>pree- test dan post- test </em>yaitu dengan IAT (Illinois Agility Test). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendektan eksperimen. Hasil yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan kelincahan dan kecepatan pada peserta didik dengan adanya peningkatan hasil rata rata keseluruhan sebesar 2,14 detik sedangkan pada presentase berkurangnya peserta didik yang mendapatkan hasil sangat kurang sebesar 6%. Hasil ini menunjukan adanya keberhasilan menggunakan metode permainan dalam upaya meningkatkan kebugaran jasmani peserta didik pada komponen kelincahan dan kecepatan.</p> Ahmad Roisuddin, Sudarso, Jully Supriadi, Dwi Sunanto Copyright (c) 2023 Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/992 Wed, 31 May 2023 06:08:14 +0000 Usaha Meningkatkan Hasil Belajar Dribble Bola Basket Melalui Permainan Pada Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMAN 3 Jombang https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1003 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dribbling bola basket pada peserta didik kelas XI IPS-1 SMA Negeri 3 Jombang tahun ajaran 2022/2023 dengan menggunakan pendekatan gamifikasi. Dalam hal ini penelitian memakai metode yang disebut Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research/ACR) disini memiliki empat tahap yakni perencanaannya, pelaksanaannya, observasinya dan refleksinya di masing-masing siklusnya. Dalam hal ini penelitian dapat dirampungkan dengan waktu dua periode yang nantinya periode pertama sebagai pre test dan dilanjutkan dengan periode kedua yang disebut post test. Dapat dikatakan penelitian ini, peserta didik yang ada di kelas XI IPS 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Jombang tahun pelajaran 2022/2023 yang dimana diikuti dengan jumlah 32 peserta didik. Kabar di dalam yang akan dijelaskan pada penelitian ini diwadahi melalui jalur evaluasi keterampilan beserta keahlian didalam aktifitas bermain bola basket, observasi, beserta ujian tulis. Data yang tercatat mencakup kemampuan, pandangan, dan sikap yang dihasilkan dari pembelajaran bola basket. Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan teknik persentase untuk mengidentifikasi tren pengajaran. berdasar analisis yang dilakukan dan pada analisis data dan pembahasan menyimpulkan bahwa Penerapan pendekatan permainan pada ranah fisik pendidikan dapat meningkat yaitu dalam siklus I sebesar 65.62% (21 peserta didik) dan pada siklus II sebesar 81.25% (26 peserta didik) pada prestasi akademik dribbling bola basket peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Jombang.Sesuai dengan apa yang dilakukan penelitian, didapat kesimpulan yakni perlakuan metode permainan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Jombang pada tahun ajaran 2022/2023.</p> Almas Bima Gastara Dwika Santono Nagara, Sudarso, Jully Supriyadi Copyright (c) 2023 Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1003 Wed, 31 May 2023 00:00:00 +0000 Implementasi Media Pembelajaran Spinner Games Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PJOK Materi Kebugaran Jasmani https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/991 <p>Rendahya tingkat motivasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik menjadi dasar utama dalam penyusunan penelitian tindkan kelas ini dengan tujuan meningkatkan dan memperbaiki motivasi belajar peserta didik melalui media belajar <em>spinner games</em> pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi kebugaran jasmani. Penelitan tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus serta diawalai dengan pra siklus, dan terdiri dari 4 tahapan untuk masing-masing siklusnya, tahapan itu dimulai dari tahap perencanaan, peaksanaan, observasi dan refleksi. Peserta didik kelas IV-D SD Negeri Krian 4 Kabupaten Sidoarjo yang menjadi subjek pada penelitian ini dengan total 30 peserta didik yang terdiri dari (pa= 16 dan pi= 14). Pada penelitian ini motivasi belajar peserta didik dapat dikatakan meningkat apabila nilai rata-rata perhitungan data diatas angka 60. Berdasarkan dari hasil data yang diperoleh menggunakan angket yang berisikan pernyataan dan telah dilakukannya analisis data diketahui bahwa data awal nilai rata-rata motivasi belajar siswa 48,8. Dengan diterapkannya pembelajaran menggunakan media belajar tersebut pada siklus 1 mengalami kenaikan nilai rata-rata 61,2 sedangkan pada siklus 2 terdapat kenaikkan nilai rata-rata 81,2. Dengan demikian dapat ditarik kesipulan bahwa adanya peningkatan pada motivasi belajar peserta didik melalui media belajar <em>spinning games.</em></p> Anita Sari, Heryanto Nur Muhammad, Yusuf Santriyono Copyright (c) 2023 Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/991 Wed, 31 May 2023 08:52:14 +0000 Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Pada Materi Kebugaran Jasmani Kelas 2 SDN Rangkah 1 Surabaya Tahun 2022/2023 https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1018 <p>Tercapainya pembelajaran dalam mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan bukan hanya tentang keberhasilan keterampilan gerak saja, pemahman mengenai materi pembelajaran jasmani juga harus dapat tercapai dengan baik agar kemampuan peserta didik dapat berjalan dengan seimbang.&nbsp; Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai sarana untuk mengetahui pengetahuan hasil belajar pada materi kebugaran jasmani kelas 2 SDN Rangkah 1 Surabaya. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dengan menggunakan lembar kerja peserta didik yang diberikan pada siklus I dan siklus II. Melalui analisa kolerasi dalam tiap siklus pembelajaran maka diperoleh diperoleh peningkatan dari siklus I ke siklus II yang ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata peserta didik. Pada siklus I dalam aspek pengetahuan melalui LKPD nilai rata-rata peserta didik pada saat siklus 1 sebesar 70 dengan persentase ketuntasan sebesar 51% kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata peserta didik pada siklus II yaitu sebesar 84 dan persentase ketuntasan sebesar 86%. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media lembar kerja peserta didik berhasil meningkatkan kemampuan pengetahuan hasil belajar peserta didik dalam materi kebugaran jasmani.</p> Bakhtiar Wibisono, Fifukha Dwi Khory, Wido Hary Pranasto Copyright (c) 2023 Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1018 Wed, 31 May 2023 00:00:00 +0000 Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Siswa Kelas IV SDN Rangkah 1 Surabaya Melalui Permainan Tradisional https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1009 <p>Pada Pendidikan Sekolah dasar kemampuan morik sangat penting untuk tahapan perkembangnnya, namun yang kita jumpai saat ini tumbuh kembang anak terganggu karena perkembangan teknologi saat ini yang membuat anak malas untuk bergerak. Mata pelajaran (PJOK) merupakan salah satu pendidikan di sekolah dasar yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan gerak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penerapan permainan tradisional dalam pembelajaran PJOK terhadap kemampuan motorik siswa kelas IV SDN Rangkah 1 Surabaya. Pengumpulan data menggunakan sistem pembelajaran dengan 3 siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan motorik yang terdiri dari 4 butir tes yaitu: tes kelincahan, tes koordinasi, tes keseimbangan dan tes. Selain itu untuk mengumpulkan data, peneliti juga menggunakan angket sebagai instrumennya. Melalui analisa kolerasi dalam tiap siklus pembelajaran maka diperoleh data yang menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus pertama (pembelajaran yang tanpa menggunakan permainan tradisional) sebesar 48 % yang memiliki kemampuan motorik dengan mata pelajaran penjasorkes. Sedangkan pada pembelajaran siklus kedua (pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional) sebesar 65 % yang memiliki kemampuan motorik dengan mata pelajaran penjasorkes sedangkan pada siklus ketiga (pembelajaran dngan menggunakan permainan tradisional) sebesar 87%. Dari hasil penelitian tersebut, terlihat bahwa kemampuan motorik meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional.</p> Hevrilia Windawati, Fifukha Dwi Khory, Wido Hary Pranasto Copyright (c) 2023 Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1009 Wed, 31 May 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pola Gerak Dominan https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/986 <p>Penelitian tindakan kelas ini dengan tujuan menunjukkan peningkatan hasil belajar pola gerak dominan melalui penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran PJOK. Dalam penelitian ini terbagi menjadi 2 siklus diawali pra siklus dan setiap siklus diawali perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas 3b SDN Gayungan II/423 Kota surabaya dengan jumlah siswa 25 yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023.&nbsp; Analisis data yang digunakan, yaitu statistik deskriptif, uji presentase hasil dan uji beda hasil. Adapun hasil penelitian ini pra siklus siswa tidak tuntas 5 siswa (20%) siswa tuntas 20 (80%), mean±SD (65,5 ± 9,865). Siklus 1 mengalami peningkatan siswa tuntas 15 (60%) siswa tidak tuntas 10 (40%) mean±SD (75,2 ± 11,517. Kemudian di siklus 2 terdapat peningkatkan siswa tuntas 23 (88%) siswa tidak tuntas 3 (12%) mean±SD (84,1 ± 8,721). Hasil analisis menggunakan uji shapiro-wilk menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal (p≥0,05), dikarenakan data tidak normal maka dilakukan uji beda non-parametrik. Hasil uji beda non-parametrik kruskal-wallis menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara ketiga kelompok (p≤0,05). Hasil tersebut menandakan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi.</p> Muhammad Arif Rahman, Nanik Indahwati, Novilia Puspa Widiyanti Copyright (c) 2023 Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga https://jurnal.stok-binaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/986 Wed, 31 May 2023 00:00:00 +0000