Implementasi Media Pembelajaran Spinner Games Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PJOK Materi Kebugaran Jasmani

  • Anita Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Nur Muhammad Universitas Negeri Surabaya
  • Yusuf Santriyono SD Negeri 4 Krian
Keywords: Spinner Games; Motivasi Belajar; Kebugaran Jasmani

Abstract

Rendahya tingkat motivasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik menjadi dasar utama dalam penyusunan penelitian tindkan kelas ini dengan tujuan meningkatkan dan memperbaiki motivasi belajar peserta didik melalui media belajar spinner games pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi kebugaran jasmani. Penelitan tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus serta diawalai dengan pra siklus, dan terdiri dari 4 tahapan untuk masing-masing siklusnya, tahapan itu dimulai dari tahap perencanaan, peaksanaan, observasi dan refleksi. Peserta didik kelas IV-D SD Negeri Krian 4 Kabupaten Sidoarjo yang menjadi subjek pada penelitian ini dengan total 30 peserta didik yang terdiri dari (pa= 16 dan pi= 14). Pada penelitian ini motivasi belajar peserta didik dapat dikatakan meningkat apabila nilai rata-rata perhitungan data diatas angka 60. Berdasarkan dari hasil data yang diperoleh menggunakan angket yang berisikan pernyataan dan telah dilakukannya analisis data diketahui bahwa data awal nilai rata-rata motivasi belajar siswa 48,8. Dengan diterapkannya pembelajaran menggunakan media belajar tersebut pada siklus 1 mengalami kenaikan nilai rata-rata 61,2 sedangkan pada siklus 2 terdapat kenaikkan nilai rata-rata 81,2. Dengan demikian dapat ditarik kesipulan bahwa adanya peningkatan pada motivasi belajar peserta didik melalui media belajar spinning games.

References

Ainley, M. dan Ainley, J. (2011). A Cultural Perspective in The Structure of Students Interest in Science. International Journal of Science Education, 33, 1, 51-71.
Arends, R. I. (2016). Teaching for student learning: Becoming an accomplished teacher. Routledge.
Arifin, Zainal. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Burns. Anne. (2010). Doing Action Research in English Language Teaching. New York: Routledge.
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. (2011). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Edisi : 2. Jakarta : PT Indeks.
Mayer, Richard E., Multimedia Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, (2009).
Robert Kozma (2010). Learning Chemistry Through the Use of a Representation-Based Knowledge Building Environment. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching, 21(3), 253-279.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Published
2023-05-31
How to Cite
Sari, A., Heryanto Nur Muhammad, & Yusuf Santriyono. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Spinner Games Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PJOK Materi Kebugaran Jasmani. Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 3(2), 163-170. https://doi.org/10.55081/jumper.v3i2.991