Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pola Gerak Dominan

  • Muhammad Arif Rahman Universitas Negeri Surabaya
  • Nanik Indahwati Universitas Negeri Surabaya
  • Novilia Puspa Widiyanti SD Negeri Gayungan II/423 Surabaya
Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Pola Gerak Dominan

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dengan tujuan menunjukkan peningkatan hasil belajar pola gerak dominan melalui penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran PJOK. Dalam penelitian ini terbagi menjadi 2 siklus diawali pra siklus dan setiap siklus diawali perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas 3b SDN Gayungan II/423 Kota surabaya dengan jumlah siswa 25 yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023.  Analisis data yang digunakan, yaitu statistik deskriptif, uji presentase hasil dan uji beda hasil. Adapun hasil penelitian ini pra siklus siswa tidak tuntas 5 siswa (20%) siswa tuntas 20 (80%), mean±SD (65,5 ± 9,865). Siklus 1 mengalami peningkatan siswa tuntas 15 (60%) siswa tidak tuntas 10 (40%) mean±SD (75,2 ± 11,517. Kemudian di siklus 2 terdapat peningkatkan siswa tuntas 23 (88%) siswa tidak tuntas 3 (12%) mean±SD (84,1 ± 8,721). Hasil analisis menggunakan uji shapiro-wilk menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal (p≥0,05), dikarenakan data tidak normal maka dilakukan uji beda non-parametrik. Hasil uji beda non-parametrik kruskal-wallis menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara ketiga kelompok (p≤0,05). Hasil tersebut menandakan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi.

References

Andini. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 3 Pekanbaru. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol.2(1): 1-10.
Andriyanto. 2016. Aktivitas Jasmani, Kesehatan, dan Olahraga. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Anton, U. 2020. Peningkatan Pembelajaran Melalui Pendekatan Pengelolaan Kelas. Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan. Vol.4(1) April 2020.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chein. 1990. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Cholid. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Darmayah. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Darminto. 2017. Pendidikan Jasmani: Konsep, Kebijakan, dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish.
Dermatawan. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Herwina, W. 2021. Optimalisasi kebutuhan siswa dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol.35(2) DOI:doi.org/10.21009/PIP.352.10
Iyakrus. 2018. Pendidikan jasmani, olahraga, dan prestasi. Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan. Vol.7(2) Hal:168-173
Kamal, S. 2021. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 8 Barabai. Jurnal Pembelajaran & Pendidik. Vol.1(1) ISSN 2807 – 5536
Lutan, Rusli. 2002. Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Lutan, Rusli. 2004. Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Purwanto, N. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riana, K., Dede, T.S., Detty, A.K. 2017. Penerapan metode reqa untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada materi membuat dan menjawab pertanyaan dari teks yang dibaca. Jurnal Pena Ilmiah. Vol.2(1)
Samsudin. 2008. Pendidikan Jasmani: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Santos, S., Coutinho, D., Gonçalves, B., Schöllhorn, W., Sampaio, J., & Leite, N. 2018. Differential Learning as a Key Training Approach to Improve Creative and Tactical Behavior in Soccer. Research Quarterly for Exercise and Sport. Vol.89(1) pp:1-14 DOI: 10.1080/02701367.2017.1412063
Sriyanto. 2016. Strategi Pembelajaran Senam Pada Siswa Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.
Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suroto. (2017). Inovation Teaching Method for Physical Education Teacher in Indonesia. Proceeding 2nd International Conference of Sport Science, 94– 107.
Suryatiningsih. 2021. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia. Vol.1(2) hal:80-94 p-ISSN: 2797-2879, e-ISSN: 2797-2860 Doi: https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39
Suryosubroto. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyadi. 2015. Refleksi PTK. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Syahara, Sayuti. 2005. Senam: Teori dan Praktek. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Tomlinson, C. A. 2000. Differentiation of Instruction in the Elementary Grades. ERIC Digest. ERIC Clearinghouse on Elementary and Early Childhood Education.
Tomlinson, C. A. 2017. How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms, 3rd Edition. Alexandria, VA: ASCD.
Yayan Alpian, Unika Wiharti. 2019. Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian. Vol.1(1) ISSN:2657-0203.
Published
2023-05-31
How to Cite
Rahman, M. A., Nanik Indahwati, & Novilia Puspa Widiyanti. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pola Gerak Dominan. Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 3(2), 192-201. https://doi.org/10.55081/jumper.v3i2.986