Pengaruh Media Augmented Reality Terhadap Motivasi Belajar Passing Sepak Bola

  • Wukir Asih Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Ridwan Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Augmented Reality, Motivasi, Passing, Sepak Bola

Abstract

Salah satu upaya dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah menggunakan media pembelajaran yang interaktif dan terbaru, salah satu media interaktif adalah Augmented Reality, menggunakan media Augmented Reality pada pembelajaran PJOK kususnya pada materi sepak bola memungkinkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media AR passing sepak bola dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi peserta didik setelah menggunakan media AR pada materi Passing sepak bola. pada penelitian ini mengguakan metode praexsperimental dengan desain “one group prtest-postest”. Pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data statistik deskriptif data penelitian ini meliputi penyajian data mean, presentase, standart deviasi dan statistik inferensial yang uji prasyarat data normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian ini dibuktikan dengan t hitung -12,181 > t table 2,045 dan nilai signifkansi 0,000< 0,05, maka dari itu Ha diterima. Hasil menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada motivasi belajar peserta didik setelah adanya penerapan media Augmented Reality pada materi passing sepak bola. Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap motivasi belajar setelah diterapkannya media Augmented Reality pada materi passing sepak bola. hal ini dibuktikkan dengan besar peningkatan motivasi belajar passing sepak bola setelah diberikan treatment media Augmented Reality yang dilakukan selama 2 kali pertemuan yaitu sebesar 8%.

References

Ambar, W., & Jannah, M. (2021). Hubungan Antara Kejenuhan Dengan Motivasi Berprestasi Pada Atlet Sepak Bola. Jurnal Penelitian Psikologi, 8 No. 3, 126–136.
Ariama, & Burhendi. (2022). Pengembangan Website Sebagai Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality Dengan Menggunakan Metode Marker Based Tracking Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13 No. 2(2549–886), 181–190. Https://Doi.Org/10.26877/Jp2f.V13i2.12132
Farda, Ahmad, & Pamungkas. (2022). Studi Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Portal Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unsiq, 9(3), 279–286.
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. 13(2), 174–183.
Nurrohim, N. (2020). Analisis Kepuasan Siswa Kelas Ix Sekolah Menengah Pertama Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pjok Pada Masa Pandemi Covid-19 Kecamatan Purwanegara 2020. Journal Of Physical Activity And Sports (Jpas), 1 No 1, 133–146. Https://Doi.Org/10.53869/Jpas.V1i1.26
Pamputi, E. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android (Studi Kasus : Tema Wirausaha, Sdn Kedung Oleng 4). Laporan Skripsi, 1–12.
Pradita, C., Olii, S., & Pakaya, N. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Augmented. Journal Of Information Technology Education, 2(1).
Pratama, G. Y. (2018). Analisis Penggunaan Media Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi.
Putri, D. K., Handayani, M. C., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Diri Terhadap Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 No. 2(2549–8959, 2356–1327), 649–657. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V4i2.418
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9 No 1, 15–32.
Saidin, N. F., Yahaya, N., & Halim, Noor Dayana Abd. (2015). A Review Of Research On Augmented Reality In Education : Advantages And Applications. International Education Studie, 8 No.13(1913–9020, 1913–9039), 1–8. Https://Doi.Org/10.5539/Ies.V8n13p1
Wibowo, T., & Loren, S. (2021). Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Aplikasi Desain Grafis Dengan Menggunakan Augmented. Conference On Management, Business, Innovation, Education And Social Science, 1 No 1, 728–736.
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmu Administras, 3(2), 96–102.
Yuliono, T. (2018). Keefektifan Media Pemelajaran Augmented Reality Terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pendidikan Dasar, 9 No.1(2086–7433), 67–84.
Published
2023-05-31
How to Cite
Asih, W., & Mochamad Ridwan. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality Terhadap Motivasi Belajar Passing Sepak Bola. Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 3(2), 123-130. https://doi.org/10.55081/jumper.v3i2.903