Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Peserta Didik Dalam Permainan Bola Voli Melalui Metode Drill Dengan Bantuan Alat Modifikasi Bola Gantung

  • M. Fatchur Rochim SMP Negeri 1 Juwangi
Keywords: bolavoli, metode drill, passing bawah, hasil belajar, PTK

Abstract

Studi pendahuluan menunjukkan rendahnya keterampilan teknik passing bawah pesera didik dalam permainan bola voli karena bola yang digunakan berukuran standar, dianggap terlalu keras, dan menimbulkan rasa sakit pada tangan. Selain itu, waktu pembelajaran kurang efektif karena banyak digunakan untuk memungut bola yang lepas dari kontrol. Permasalahan diperparah dengan kurangnya sarana prasarana sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan keterampilan passing bawah peserta didik dalam permainan bola voli menggunakan metode drill berbantuan alat modifikasi bola gantung. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus, masing-masing mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sejumlah 32 peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Juwangi semester gasal tahun pelajaran 2022/2023 menjadi subjek penelitian. Peneliti menggunakan teknik tes, survei, dokumentasi, dan wawancara dalam pengumpulan data. Instrumen penelitian mengadopsi instrumen penelitian terdahulu dan divalidasi ahli. Data dianalisis secara deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) rata-rata nilai keterampilan passing bawah meningkat sampai dengan 82,81, (2)  ketuntasan klasikal kelas meningkat sampai dengan 84,38%, dan (3)  rata-rata nilai partisipasi peserta didik diketahui sebesar 78,91. Hasil penelitian memotivasi rekan sejawat untuk memperbaiki kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian tidak memperhitungkan peningkatan keterampilan yang diperoleh peserta didik akibat pelatihan di luar pembelajaran.

References

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
BNSP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Badan Standar Nasional Pendidikan 2006.
Erdiyanti, Y. P., & Maulana, A. (2019). Hubungan Kecemasan dengan Performa Atlet Bola Voli pada Event Kejuaraan Antar Desa Di Desa Orimalang Kec. Jamblang Kab. Cirebon. Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 2(2), 269. https://doi.org/10.24235/prophetic.v2i2.5813
Jaya, H., Insanistyo, B., & Sofino, S. (2018). Pengaruh Model Latihan Modifikasi Bola Gantung Terhadap Kemampuan Servis Atas Putra Ekstrakurikuler Smkn 3 Kota Bengkulu. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 153–159.
Kemdikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 1–72.
Khodijah, D. N., Hendri, M., & Darmaji. (2016). Upaya Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Kelas Xi Mia7 Sman 1 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 01(02), 46–54.
Mulyasa, E. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.
Sudirjo, E., & Alif, M. N. (2018). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik: Konsep Perkembangan dan Pertumbuhan Fisik dan Gerak Manusia. UPI Sumedang Press.
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitain. Alfabeta.
Sulastri, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Melakukan Passing Bawah dengan Modifikasi Pembelajaran Permainan Bola Voli dengan Menggunakan Bola Gantung untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IV SDN 2 Ketandan Kecamatan Klaten Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 122–127.
Suyono, & Indahwati, N. (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Passing Bawah Permainan Bola Voli Melalui Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas V SDN Dukuh Kupang IV / 491 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan KesehatanKesehatan, 1(1), 201–204.
Yahya, A. A., & Sufitriono, S. (2020). Pembelajaran Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Permainan Bolavoli Siswa SMPN 2 Mare Kabupaten Bone. Jendela Olahraga, 5(1), 1–9.
Yusmar, A. (2017). Upaya peningkatan teknik permainan bola voli melalui modifikasi permainan siswa kelas X SMA Negeri 2 Kampar. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 143–152.
Published
2023-05-14
How to Cite
Fatchur Rochim, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Peserta Didik Dalam Permainan Bola Voli Melalui Metode Drill Dengan Bantuan Alat Modifikasi Bola Gantung. Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 3(2), 52-68. https://doi.org/10.55081/jumper.v3i2.780