Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Siswa Kelas IV SDN Rangkah 1 Surabaya Melalui Permainan Tradisional
Abstract
Pada Pendidikan Sekolah dasar kemampuan morik sangat penting untuk tahapan perkembangnnya, namun yang kita jumpai saat ini tumbuh kembang anak terganggu karena perkembangan teknologi saat ini yang membuat anak malas untuk bergerak. Mata pelajaran (PJOK) merupakan salah satu pendidikan di sekolah dasar yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan gerak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penerapan permainan tradisional dalam pembelajaran PJOK terhadap kemampuan motorik siswa kelas IV SDN Rangkah 1 Surabaya. Pengumpulan data menggunakan sistem pembelajaran dengan 3 siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan motorik yang terdiri dari 4 butir tes yaitu: tes kelincahan, tes koordinasi, tes keseimbangan dan tes. Selain itu untuk mengumpulkan data, peneliti juga menggunakan angket sebagai instrumennya. Melalui analisa kolerasi dalam tiap siklus pembelajaran maka diperoleh data yang menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus pertama (pembelajaran yang tanpa menggunakan permainan tradisional) sebesar 48 % yang memiliki kemampuan motorik dengan mata pelajaran penjasorkes. Sedangkan pada pembelajaran siklus kedua (pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional) sebesar 65 % yang memiliki kemampuan motorik dengan mata pelajaran penjasorkes sedangkan pada siklus ketiga (pembelajaran dngan menggunakan permainan tradisional) sebesar 87%. Dari hasil penelitian tersebut, terlihat bahwa kemampuan motorik meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional.
References
Dewi, S. M., Sofyan, D., & Priyono, A. (2022). Pop-Up Book Learning Media for Nationalism Character Building. International Journal of Elementary Education, 6(1), 10–17. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.23887/ijee.v6i1
Fahrizqi, E. B., Agus, R. M., Yuliandra, R., & Gumantan, A. (2021). The Learning Motivation and Physical Fitness of University Students During the Implementation of the New Normal Covid-19 Pandemic. JUARA: Jurnal Olahraga, 6(1), 88-100.
Lutan Rusli (2001). Asas-Asas Pendidikan Jasmani: Pendekatan Pendidikan Gerakan Dasar Di Sekolah Dasar. Dirjen Olahraga. Depdiknas
Maxwell, J. P., Capio, C. M., & Masters, R. S. W. (2016). Interaction between motor ability and skill learning in children: Application of implicit and explicit approaches. European Journal of Sport Science. https://doi.org/10.1080/17461391.2016.1268211
Nurhasan. (2000). Tes dan pengukuran Pendidikan Olahraga. FPOK UPI.
Nursalim, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.
Sofyan, D. (2018). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Permainan Properti. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 115–124.
Ukasyah Q.A.P dan Irfansyah.2015. “Identifikasi Faktor-Faktor Permainan Tradisional Bebentengan sebagai Basis Perancangan Game Pemicu Peningkatan Sistem Motorik Anak. Bandung”. Jurnal Sosioteknologi, Volume 14 No. 2, Agustus 2015: 124:140.
Webster, E. K., Martin, C. K., & Staiano, A. E. (2018). Fundamental motor skills, screen-time, and physical activity in preschoolers. Journal of Sport and Health Science. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2018.11.006
Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International. Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan.