Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Siswa Kelas IV SDN Rangkah 1 Surabaya Melalui Permainan Tradisional

  • Hevrilia Windawati UNESA
  • Fifukha Dwi Khory Universitas Negeri Surabaya
  • Wido Hary Pranasto SD Negeri 1 Rangkah Surabaya
Keywords: Motorik, Permainan Tradisional

Abstract

Pada Pendidikan Sekolah dasar kemampuan morik sangat penting untuk tahapan perkembangnnya, namun yang kita jumpai saat ini tumbuh kembang anak terganggu karena perkembangan teknologi saat ini yang membuat anak malas untuk bergerak. Mata pelajaran (PJOK) merupakan salah satu pendidikan di sekolah dasar yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan gerak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penerapan permainan tradisional dalam pembelajaran PJOK terhadap kemampuan motorik siswa kelas IV SDN Rangkah 1 Surabaya. Pengumpulan data menggunakan sistem pembelajaran dengan 3 siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan motorik yang terdiri dari 4 butir tes yaitu: tes kelincahan, tes koordinasi, tes keseimbangan dan tes. Selain itu untuk mengumpulkan data, peneliti juga menggunakan angket sebagai instrumennya. Melalui analisa kolerasi dalam tiap siklus pembelajaran maka diperoleh data yang menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus pertama (pembelajaran yang tanpa menggunakan permainan tradisional) sebesar 48 % yang memiliki kemampuan motorik dengan mata pelajaran penjasorkes. Sedangkan pada pembelajaran siklus kedua (pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional) sebesar 65 % yang memiliki kemampuan motorik dengan mata pelajaran penjasorkes sedangkan pada siklus ketiga (pembelajaran dngan menggunakan permainan tradisional) sebesar 87%. Dari hasil penelitian tersebut, terlihat bahwa kemampuan motorik meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional.

References

Darminiasih, Ni Nyoman, Marhaeni, A.A Isrti Ngurah, Sutama, Made. (2014). Penggunaan Metode Bermain Permainan Tradisional Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dan Sosial Emosional Anak Kelompok B TK Sebana Sari. (Online), (http://download.portal garuda.org/article.php?article-penggunaanmetode-bermain-permainantradisiona -dalamupaya-meningkatkan-kemampuan-berbahasadan-sosialemosiona-anak-kelompok-b-tk- sebanasari, diakses 11 mei 2023).
Dewi, S. M., Sofyan, D., & Priyono, A. (2022). Pop-Up Book Learning Media for Nationalism Character Building. International Journal of Elementary Education, 6(1), 10–17. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.23887/ijee.v6i1
Fahrizqi, E. B., Agus, R. M., Yuliandra, R., & Gumantan, A. (2021). The Learning Motivation and Physical Fitness of University Students During the Implementation of the New Normal Covid-19 Pandemic. JUARA: Jurnal Olahraga, 6(1), 88-100.
Lutan Rusli (2001). Asas-Asas Pendidikan Jasmani: Pendekatan Pendidikan Gerakan Dasar Di Sekolah Dasar. Dirjen Olahraga. Depdiknas
Maxwell, J. P., Capio, C. M., & Masters, R. S. W. (2016). Interaction between motor ability and skill learning in children: Application of implicit and explicit approaches. European Journal of Sport Science. https://doi.org/10.1080/17461391.2016.1268211
Nurhasan. (2000). Tes dan pengukuran Pendidikan Olahraga. FPOK UPI.
Nursalim, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.
Sofyan, D. (2018). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Permainan Properti. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 115–124.
Ukasyah Q.A.P dan Irfansyah.2015. “Identifikasi Faktor-Faktor Permainan Tradisional Bebentengan sebagai Basis Perancangan Game Pemicu Peningkatan Sistem Motorik Anak. Bandung”. Jurnal Sosioteknologi, Volume 14 No. 2, Agustus 2015: 124:140.
Webster, E. K., Martin, C. K., & Staiano, A. E. (2018). Fundamental motor skills, screen-time, and physical activity in preschoolers. Journal of Sport and Health Science. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2018.11.006
Published
2023-05-31
How to Cite
Windawati, H., Fifukha Dwi Khory, & Wido Hary Pranasto. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Siswa Kelas IV SDN Rangkah 1 Surabaya Melalui Permainan Tradisional. Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 3(2), 183-191. https://doi.org/10.55081/jumper.v3i2.1009