PENGARUH LATIHAN ZIG-ZAG RUN TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLE SEPAK BOLA

  • Ibnu Prasetyo Widiyono Pendidikan Olahraga Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Nur Ridwan Kaffi Prodi Pendidikan Olahraga, Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Bagiya Prodi PBSI Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo
  • Camelia Qotrunnada Rizal Prodi Pendidikan Olahraga, Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Imron Rosadi Pendidikan Olahraga Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Erick Burhaein Prodi Pendidikan Olahraga, Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen
Keywords: zig-zag run, dribble, sepakbola

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan zig-zag run terhadap kemampuan dribble sepakbola pada Klub Perseba Kebumen Junior. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experiment design atau penelitian semu. Penelitian eksperimen semu merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari “sesuatu” yang dikenakan pada subjek. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design dengan metode yang digunakan yaitu pretest, treatment dan posttest. Sampel yang digunakan adalah Pemain Perseba Kebumen Junior yang berjumlah 15 orang. Berdasarkan observasi dilapangan bahwa kemampuan

 

 

dribbling sepakbola pemain Perseba Kebumen Junior masih rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil pretest yg menunjukan bahwa sebagian besar pemain memiliki keterampilan dalam mendrible bola masih rendah, dilihat dari segi teknik dan kecepatan. Hasil analisis data tes awal menunjukan bahwa hasil tes awal kemampuan dribbling pemain Perseba Kebumen Junior yang memiliki ratarata waktu 16,97 detik, sedangkan pada test terakhir kemampuan dribbling sepakbola pemain Perseba Kebumen junior yang memiliki rata-rata waktu 15,37 detik. Pada hal ini pemain mengalami peningkatan kemampuan dribble bola sebesar 9,4 %. Berdasarkan hasil analisis data pada test awal dan test akhir diperoleh harga angka batas penolakan hipotesis nol dalam t tabel adalah 2,1448, sedangkan nilai t hitung yang diperoleh adalah sebesar 12,548. Maka hipoteis dari penelitian Ha dapat diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat diartikan ada pengaruh latihan zig-zag run terhadap kemampuan dribble sepakbola pada pemain Perseba Kebumen Junior. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk dasar perbandingan dan dapat dikembangkan pada penelitian berikutnya sekaligus sebagai bahan refrensi bagi penelitian sejenis

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Rineka Cipta.
Asmara, H. R. W. (2015). Pengaruh Latihan Lari Zig-Zag Terhadap Kemampuan Menggiring Dalam Permainan Sepak Bola Peserta Ekstrakurikuler Di Smp Negeri 3 Sentolo Kulon Progo (Vol. 1, Issue 69). Universitas Negri Yogyakarta.
Awang, R. E., & dkk. (2017). Peningkatan Pembelajaran Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola Menggunakan Modifikasi Bola Plastik. Jurnal Pendidikan Olahraga, Volume: 6, Edisi: 1: 54-64, 6, 54–64.
Gifford, C. (2002). Sepakbola Panduan Lengkap untuk Permainan yang Indah. Erlangga. Hadari, N. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gajahmada University Press.
Hadiqie, Z. . (2013). Menjadi Pemain Sepak Bola Profesional. Kata Pena.
Harsono. (2018). Kepelatihan Olahraga. PT Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, A. (2021). Pengaruh Latihan Lari Seratus Meter Terhadap Kelincahan Dribble Bola Pada Permainan Sepak Bola Di Sekolah Sepak Bola (Ssb) Jati Kenongo Kabupaten Sidoarjo. Doctoral dissertation, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya. Kurniawan, D., Nurrochmah, S., & H Paulina, F. (2016). Hubungan Antara Kecepatan Lari Dengan Kemampuan Menggiring Bola Sepak Pada Siswa Usia 13-14 Tahun Ssb
Unibraw 82 Malang. Pendidikan Jasmani, 26(02), 381–397. Luxbacher, J. A. (2012). Sepak Bola. PT Rajagrafindo Persada. Margono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Rineka Cipta.
Sajoto, M. (2014). Pengembangan Dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Dahara Prize.
Salim, A. (2008). Buku Pintar Sepakbola. Nuansa.
Subagyo, I. (2011). Standarisasi Kecakapan Bermain Sepakbola Untuk Siswa Sekolah Sepakbola (SSB) KU 14-15 Tahun Se-Daerah Istimewa Yogakarta. Jurnal Olahraga Prestasi , 7(1), 44–50.
Subajo, I. (2010). Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Tes Kecakapan “David Lee” untuk Sekolah Sepak bola (SSB) Kelompok Umur 14-15 Tahun. FIK UNY.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Alvabeta. Sugiyono. (2016). No metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Alfabeta. Syafruddin. (2011). Ilmu Kepelatihan Olahraga. UNP PRESS.
Utomo, D. S., & Syafi’i, I. (2022). Pengaruh Latihan Zig Zag Run Dengan Bola Terhadap Kelincahan Menggiring Bola Di Akademi Triple ‘ S. Prestasi Olahraga, 5(7). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/48549
Wibisono, N. H. (2012). HUBUNGAN ANTARA KECEPATAN DAN KELINCAHAN DENGANKEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PESERTA EKSTRAKURIKULER
SEPAKBOLASMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN [Universitas Negri Yogyakarta]. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Published
2023-03-21
How to Cite
Widiyono, I. P., Nur Ridwan Kaffi, Bagiya, Camelia Qotrunnada Rizal, Imron Rosadi, & Erick Burhaein. (2023). PENGARUH LATIHAN ZIG-ZAG RUN TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLE SEPAK BOLA. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 11(1), 52-60. https://doi.org/10.55081/jsbg.v11i1.832