PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES THREE POINT SHOOTING BOLA BASKET

  • Indra Darma Sitepu universitas negeri medan
  • Sania Franita Universitas Negeri Medan

Abstract

Shooting three point merupakan salah satu penyumbang skor terbesar dalam permainan bola basket. Selama ini tidak ada tes shooting three point dalam permainan basket, atlet-atlet basket hanya latihan shooting terus-menerus sehingga tidak ada tolak ukur terhadap persentase atlet tersebut masuk kategori seorang shooter three point yang baik atau shooter three point yang buruk. Untuk mengetahui nilai kemampuan para atlet dalam teknik three point shooting, diperlukan sebuah instrumen yang dapat mengukurnya.

    Penelitian pengembangan instrumen ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes three point shooting dalam permainan bola basket. Metode penelitian ini adalah instrumen penelitian subyek dalam peneletian pengembangan ini adalah atlet-atlet bola basket club Analisa Basketball, Gladiators Basketball, Xyz Basketball, Blackrose Basketball, Angsapura Basketball, MAN 1 Padangsidimpuan Basketball, Wahidin Basketball, Smaki Basketball. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah a. validitas yang menggunakan validitas ahli b. realibilitas tes yang menggunakan tes-retest sebagai dasar untuk layak atau tidak layaknya instrumen yang akan dipergunakan dalam suatu penelitian.

    Dari hasil pembahasan diatas maka, diperlukan instrumen tes three point shooting bola basket yang dikembangkan agar dapat memudahkan para pelatih dan atlet untuk mengetahui kemampuan three point shooting mereka. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan pelatih menjadi lebih mudah untuk mengetahui kemampuan setiap atletnya dan bagi atlet bola basket menjadi motivasi dalam meningkatkan kemampuan three point shooting mereka.

 

Published
2023-03-07
How to Cite
Sitepu, I. D., & Franita, S. (2023). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES THREE POINT SHOOTING BOLA BASKET. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 11(1), 6-12. https://doi.org/10.55081/jsbg.v11i1.798