Penguatan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Project Based Learning Bagi Guru Sekolah Islami Terpadu Assalam Kabupaten Tanah Laut

  • Herita Warni Universitas Lambung Mangkurat
  • Mashud Mashud Universitas Lambung Mangkurat
  • Abd Hamid Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Mulhim Universitas Lambung Mangkurat
  • Perdinanto Perdinanto Universitas Lambung Mangkurat
  • AR. Shadiqin Universitas Lambung Mangkurat
  • Arina Wulandari Prodi. PGSD STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: modul ajar, kurikulum merdeka, project based learning

Abstract

PKM ini bertujuan untuk membantu sekolah mewujudkan terciptanya mutu pendidikan dan mutu pengelolaan sekolah serta menyongsong pemberlakuan kurikulum merdeka tahun 2022 melalui “Penguatan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Project Based Learning dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Sekolah Islamik Terpadu Assalam Kabupaten Tanah Laut”. Tujuan khusus PKM adalah; 1) penguatan kurikulum merdeka 2022 dan profil pelajar pancasila, 2) penyusunan modul ajar (kurikulum merdeka 2022) berbasis project based learning (PjBL). Metode PKM yang digunakan adalah metode pendidikan dan pelatihan serta pendampingan kepada guru SIT Assalam dengan menerapkan model ORPAER (observe, reflec, plan, action, evaluate, reflec) yang dibagi dalam 4 siklus yaitu; 1) pra-PKM, 2) in service training satu (IST-1) selama 32 jam pelajaran setara 4 hari, 3) on the job training (OJT) selama 40 jam pelajaran setara 30 hari, dan 4) in service training dua (IST-2) selama 16 jam pelajaran setara 2 hari. Sasaran PKM adalah semua guru SIT Assalam berjumlah 72 guru. Moda Pendidikan dan pelatihan menggunakan moda campuran (daring dan luring) data PKM dihimpun melalui pendekatan kualititaf dan kuantitatif, dan data dianalisis mengunakan uji statistic deskriptif dengan teknik prosentase. PKM menghasilkan 16 modul ajar karya semua guru yang menjadi saran kegiatan PKM. Komponen modul ajar yang belum mampu disusun dengan baik guru SIT Assalam pada komponen glosarium dan daftar Pustaka. Kesimpulan PKM berhasil dengan baik dapat menguatkan guru SIT Assalam dalam menyusunan modul ajar dan siap menerapkan kurikulum merdeka.

Published
2023-06-30
How to Cite
Warni, H., Mashud, M., Hamid, A., Mulhim, M., Perdinanto, P., Shadiqin, A., & Wulandari, A. (2023). Penguatan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Project Based Learning Bagi Guru Sekolah Islami Terpadu Assalam Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat , 3(2), 115-128. https://doi.org/10.55081/jbpkm.v3i2.1017