The Developing "The Most Significant Change Technique (MSC) Model" in Physical Education Learning in High Schools

  • Kristi Agust Pendidikan Olahraga, Universitas Riau, Riau, Indonesia
  • Fekie Adila Pendidikan Olahraga, Universitas Riau, Riau, Indonesia
  • Imam Rahmatullah Pendidikan Olahraga, Universitas Riau, Riau, Indonesia
  • Ittaqwa Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Faujiah Br Barus Pendidikan Olahraga, Universitas Riau, Riau, Indonesia
Keywords: Model, Evaluasi PJOK, MSC

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model evaluasi teknik The Most Significant Change Technique paling progresif dalam pembelajaran PJOK di Sekolah Menengah Atas. Metodologi yang digunakan adalah Researeh & Development dengan tahapan yaitu analisis kebutuhan, penyusunan konsep awal produk, validasi oleh ahli, uji coba skala kecil, uji coba skala besar dan hasil akhir. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 guru dan 90 Siswa Sekolah Menengah Atas. Data yang diperoleh dari hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa guru pendidikan jasmani perlu mengembangkan metode penilaian untuk menilai partisipasi siswa dalam pembelajaran yang bersifat kualitatif. Pendekatan penilaian partisipatif ini kemudian di uji cobakan dalam uji coba skala kecil dengan 30 siswa di SMA Cendana Pekanbaru dan uji lapangan dengan 60 siswa. Untuk menyempurnakan evaluasi metode evaluasi partisipatif, semua bentuk kendala yang dikenakan oleh evaluasi ditinjau serta kontribusi para praktisi. Evaluasi dengan metode evaluasi partisipatif dengan demikian telah dinyatakan cocok untuk evaluasi partisipasi siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Menengah Atas.

References

Akmalia, R., Oktapia, D., Elitia, E., Hasibuan, I., Azzahrah, N., & Harahap, T. S. (2023). Pentingnya Evaluasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5.
Anwar, S. (2021). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62–76. https://doi.org/10.55080/jpn.v1i1.7
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti (ed.)). Bumi Aksara.
Avila, C., Baldiris, S., Fabregat, R., & Graf, S. (2020). Evaluation of a learning analytics tool for supporting teachers in the creation and evaluation of accessible and quality open educational resources. British Journal of Educational Technology, 51(4), 1019–1038. https://doi.org/10.1111/bjet.12940
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani dan Olahraga pada Lembaga Pendiddikan Di Indonesia. Jurnal Publikasi Pendidikan | Volume VI No 3 Oktober 2016 |157, VI(1), 156–167.
Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa, 7(1), 149–166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194
Gustiawati, R., Fahrudin, F., Kurniawan, F., & Indah, E. P. (2019). Pengembangan Pendekatan Evaluasi the Most Significant Change Technique Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2), 125–129. https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7624
Hanafy, M. S. (2014). Konsep dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66–79. http://103.55.216.55/index.php/lentera_pendidikan/article/viewFile/516/491
Hasyim, M. (2014). Penerapan Fungsi Guru Dalam Proses Pembelajaran. Auladuna, 1(2), 265–276. http://103.55.216.56/index.php/auladuna/article/view/556
Humairah, E. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Power Point Guna Mendukung Pembelajaran IPA SD. Journal Mahesa Center, 1, 249–256. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.196
Iyakrus, I. (2019). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2). https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8110
JH, S., & Baderiah, B. (2020). Learning Evaluation Management. International Journal of Asian Education, 1(2), 61–72. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.39
Kurniawan, D. D. (2017). Dimensi Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Jasmani Dalam Membudayakan Perilaku Hidup Sehat. Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, 74, 157. https://doi.org/10.1016/j.humimm.2013.08.235
Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67
Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Muntatsiroh, A., & Jamilus. (2023). Pentingnya Evaluasi Pendidikan Islam dalam Sebuah Lembaga Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Prasetyo, E., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kelas III SDN Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 76–82.
Prilanji, F. B., & Gaperius Simanjuntak, V. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Khatulistiwa, 1(1), 12. https://doi.org/10.26418/jpjk.v1i1.44505
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya, 4(2), 88–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyacarya/article/view/796
Sugiyono. (2019). Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (S. Y. Suryandari (ed.)). Alfabeta.
Yoon, S., Goh, S.-E., & Yang, Z. (2019). Toward a Learning Progression of Complex Systems Understanding. Complicity: An International Journal of Complexity and Education, 16(1), 1–19. https://doi.org/10.29173/cmplct29340
Published
2023-05-28
How to Cite
Kristi Agust, Fekie Adila, Imam Rahmatullah, Ittaqwa, & Faujiah Br Barus. (2023). The Developing "The Most Significant Change Technique (MSC) Model" in Physical Education Learning in High Schools. Journal Physical Health Recreation (JPHR), 3(2), 68-74. https://doi.org/10.55081/jphr.v3i2.847