Potret Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Melalui Supervisi Kepala Sekolah

  • Yahya Jecson Palinata Universitas Kristen Artha Wacana
  • Julian Jeminel Leko Universitas Kristen Artha Wacana
  • Ramona Mathias Mae Universitas Kristen Artha Wacana
  • Melvianus Selan Universitas Kristen Artha Wacana
Keywords: Kinerja Guru, Pendidikan Jasmani, Supervisi Kepala Sekolah

Abstract

Pelaksanaan supervisi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh proses pendidikan untuk mengembangkan efektivitas kinerja personalia yang berhubungan dengan tugas-tugas utama pendidikan. Pada hakekatnya supervisi mengandung beberapa kegiatan pokok, yaitu pembinaan yang berkelanjutan, pengembangan kemampuan personil, perbaikan situasi belajar mengajar, dengan sasaran akhir pencapaian tujuan pendidikan dan pertumbuhan pribadi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru pendidikan jasmani melalui supervise kepala sekolah di SMP Negeri 10 Kota Kupang. Pendekatan penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah survey. Teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus statistika persentase yang diperoleh dari frekuensi jawaban dibagi jumlah responden dikalikan 100%. Hasil rekapitulasi keseluruhan komponen kinerja guru pendidikan jasmani melalui supervise kepala sekolah di SMP Negeri 10 Kota Kupang, sebagai berikut: Komponen Supervisi Administrasi Pembelajaran diperoleh 84% dengan kriteria Baik, Komponen Supervisi Penilaian Silabus diperoleh 94,69% dengan kriteria Baik Sekali, Komponen Supervisi Penilaian RPP diperoleh 97,56% dengan kriteria Baik Sekali dan Komponen Supervisi Kegiatan Pembelajaran diperoleh 92,86% dengan kriteria Baik Sekali. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja guru pendidikan jasmani melalui supervise kepala sekolah di SMP Negeri 10 Kota Kupang diperoleh hasil keseluruhan yaitu 92,28% dengan kriteria Baik Sekali.

References

Anugrah, R. R., & Dermawan, D. F. (2022). Kontribusi Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 3(1). https://doi.org/10.55081/joki.v3i1.723

Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164.

Gusdernawati, A., Mahatmasari, P. Y., Suherman, W. S., Nasrulloh, A., Lituhayu, K., & Umam, A. K. (2021). E-learning di era pandemi covid-19: Bagaimana aksiologi hasil belajar pendidikan jasmani? Journal of Sport Education (JOPE), 3(2), 63–74.

Lubis, A. E., & Nugroho, A. (2020). First Aid Training Model for Physical Education Teachers. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 4(2), 73–80.

Lusiana, L., & Purnama, Y. (2019). Kemampuan Soft Skills Guru Penjasorkes Kelompok Kerja Mts Jepara Tahun 2019. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 1–9.

Manueke, T., Rawis, J. A. M., Wullur, M. M., & Rotty, V. N. J. (2021). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(2), 70–76.

Nurmala, N. (2021). UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDN 17 RUPAT MELALUI SUPERVISI AKADEMIK. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1533–1539.

Pohan, N. A., & Siregar, Y. E. Y. (2018). PERAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PELAKSANAAN TUGAS POKOK GURU: PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2). https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/9527

Priscila, P. N. K., & Sanoto, H. (2022). HUBUNGAN ANTARA SUPERVISI AKADEMIK DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN KINERJA GURU SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(01). https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/28382

Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113.

Purwanto, M. N. (2019). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran.

Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Professional development of teachers in improving the performance of teacher. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 94–103.

Rivai, A. (2021). Pengaruh pengawasan, disiplin dan motivasi terhadap kinerja guru. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 11–22.

Saifullah, S. (2020). Determinasi Motivasi dan Kinerja Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru (Studi Kasus di SMAN Negeri 1 Kota Bima) Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 600–621.

Sanglah, I. N. (2021). Peningkatan kinerja guru melalui supervisi kepala sekolah pada sekolah dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 528–534.

Sumiati, S., Setyawan, H., Yuanita, P., & Chairilsyah, D. (n.d.). PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI SEKECATAMATAN PANGKALAN KERINCI. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 10(2), 185–197.

Published
2023-06-30
How to Cite
Yahya Jecson Palinata, Julian Jeminel Leko, Ramona Mathias Mae, & Melvianus Selan. (2023). Potret Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Melalui Supervisi Kepala Sekolah . Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 3(2), 92-99. https://doi.org/10.55081/joki.v3i2.793

Most read articles by the same author(s)